Pemimpin Myanmar yang dikudeta, Aung San Suu Kyi. Foto: AFP.
Pemimpin Myanmar yang dikudeta, Aung San Suu Kyi. Foto: AFP.

Aung San Suu Kyi Hadir di Pengadilan Walau Masih Sakit

Internasional Myanmar aung san suu kyi Kudeta Myanmar Pengadilan Aung San Suu Kyi
Marcheilla Ariesta • 14 September 2021 16:41
Yangon: Pemimpin sipil Myanmar yang telah digulingkan, Aung San Suu Kyi, akhirnya kembali ke pengadilan meski masih berada dalam kondisi sakit. Sidang dilakukan pada hari ini, Selasa, 14 September 2021.
 
Senin kemarin, Suu Kyi tidak bisa menghadiri persidangan karena mabuk perjalanan. Namun menurut pengacaranya, perempuan 76 tahun itu sudah bisa ikut persidangan walau masih merasa sedikit pusing.
 
Pengacara Suu Kyi, Min Min Soe, mengatakan kliennya mabuk kendaraan setelah bertemu tim kuasa hukumnya sebelum persidangan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Beliau tak pergi ke manapun menggunakan mobil dalam dua bulan terakhir. Itu sebabnya dia merasa mabuk kendaraan hari ini," kata Min kepada AFP.
 
"Dia bilang harus ke rumah sakit agar layak istirahat. Kami sangat khawatir akan kesehatannya," imbuh Min.
 
Baca juga: Mabuk Perjalanan, Aung San Suu Kyi Batal Hadiri Persidangan
 
Pemenang Hadiah Nobel Perdamaian kini kembali harus menghabiskan hidupnya sebagai tahanan rumah. Kesehatannya juga diawasi secara ketat.
 
Satu-satunya komunikasi Suu Kyi dengan dunia luar adalah melalui tim hukumnya. Ia mengatakan, aksesnya dibatasi dan dipantau pihak berwenang.
 
Suu Kyi diadili di ibu kota Naypyitaw atas tuduhan impor ilegal dan kepemilikan radio walkie-talkie serta melanggar protokol covid-19. Perempuan 76 tahun itu juga dituduh menerima suap besar dan didakwa dengan pelanggaran UU Rahasia Resmi dalam kasus terpisah.
 
Jika terbukti bersalah, Suu Kyi dapat dihukum penjara hingga 14 tahun. Namun, pengacaranya menolak semua tuduhan yang dialamatkan kepada Suu Kyi.
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif