Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya. Foto: KLHK
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya. Foto: KLHK

Indonesia Dikejar Waktu Penuhi Target Nol Emisi Karbon 2050

Internasional perubahan iklim Siti Nurbaya Bakar COP26 Nol Emisi Karbon
Marcheilla Ariesta • 03 November 2021 08:02
Glasgow: Indonesia dikejar waktu untuk mencapai target Nol Emisi di 2050. Hal ini diakui oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya dalam diskusi bersama mahasiswa Indonesia di Inggris.
 
"Yang kita sebut karbon netral itu adalah kita mengendalikan karbon, sama sekali tidak boleh ada emisi," tutur Siti Nurbaya dalam diskusi yang diselenggarakan PPI UK dan PPI Greater Glasgow, Selasa, 2 November 2021.
 
Ia mengatakan, Indonesia berkomitmen kuat agar hal tersebut tercapai. Siti Nurbaya menuturkan, jika Indonesia benar-benar berusaha, target tersebut bisa tercapai.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Siti juga mengatakan, dukungan internasional termasuk pendanaan sangat penting untuk membantu Indonesia mencapai target Nol Emisi 2050 tersebut.
 
"Dukungan Inggris yang sudah disampaikan tadi itu sangat membantu kita. Mereka memahami apa yang kita butuhkan untuk mencapai target tersebut," tuturnya.
 
Meski demikian, Siti Nurbaya mengatakan, waktu yang dimiliki Indonesia sangat terbatas. Ia membandingkan dengan Eropa yang sudah melakukan pengurangan emisi karbon sejak 1979.
 
"Kita istilahnya seperti 'dipaksa' untuk nol pada 2050, dan kita sudah sampaikan kepada internasional mengenai teknologinya dan kemudian dukungan finansialnya," lanjut Siti Nurbaya.
 
Indonesia Dikejar Waktu Penuhi Target Nol Emisi Karbon 2050
Menteri LHK Siti Nurbaya saat diskusi dengan mahasiswa Indonesia di Inggris. Foto: PPI UK
 
Namun, katanya, Indonesia mulai berhasil di beberapa bidang, salah satunya kurangnya kebakaran hutan. Bahkan, lanjut Siti Nurbaya, jumlah kebakaran hutan Indonesia jauh di bawah Eropa, Amerika dan Australia.
 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif