Presiden AS Donald Trump. (Foto: AFP).
Presiden AS Donald Trump. (Foto: AFP).

Trump Bantah Kirim 120 Ribu Pasukan ke Timur Tengah

Internasional as-iran
Sonya Michaella • 15 Mei 2019 08:33
Washington: Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump membantah laporan media New York Times bahwa AS sedang menggodok rencana mengirim 120 ribu personel militer tambahan ke Timur Tengah. Rencana pengiriman itu disebut-sebut untuk menghadapi ancaman Iran.
 
"Ini berita palsu. Kami tidak merencanakan hal itu dan semoga tidak. Jika kami melakukan itu, kami akan mengirim pasukan lebih dari jumlah yang disebutkan," kata Trump, dikutip dari AFP, Kamis 15 Mei 2019.
 
New York Times sebelumnya melaporkan bahwa Menteri Pertahanan AS Patrick Shanahan akan mengirimkan pasukan AS sebanyak 120 ribu orang ke Timur Tengah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Rencana baru ini tidak menyerukan invasi darat ke Iran, tetapi lebih berjaga-jaga apa yang akan dilakukan Iran dalam waktu dekat," sebut New York Times mengutip pejabat Kemhan AS yang dirahasiakan namanya.
 
Baca:AS Minta Iran Berperilaku Normal
 
Namun, pada awal Mei lalu, AS memang telah mengirim pesawat pengebom B-52 sebagai armada tambahan ke Timur Tengah dengan dalih mengatasi ancaman Iran yang meningkat.
 
Pentagon memastikan jumlah pesawat yang akan dikirim adalah empat buah dan tidak memungkiri bahwa jumlah tersebut akan ditambah, melihat situasi di Timur Tengah dan ancaman dari Iran.
 
Selain pesawat, di jalur laut, AS juga mengirim armada dengan kapal induk USS Abraham Lincoln. Awalnya, pengiriman ini dilakukan bulan depan. Namun mengingat ancaman dari Iran semakin kuat, AS memutuskan pengiriman dipercepat.
 
Sementara itu, Komando Pusat AS yang berada di Timur Tengah meyakini ada indikasi ancaman Iran di mana pasukan Iran akan menyerang pasukan AS di wilayah tersebut. Kabar ancaman ini diperoleh dari sumber yang tepercaya meski tak dirinci lebih jelas.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif