Presiden Korsel Moon Jae-in dan Presiden AS Donald Trump saat bertemu, September 2018. (Foto: AFP)
Presiden Korsel Moon Jae-in dan Presiden AS Donald Trump saat bertemu, September 2018. (Foto: AFP)

Trump dan Presiden Korsel Segera Bahas Denuklirisasi Korut

Internasional Amerika Serikat-Korea Utara
Sonya Michaella • 16 Mei 2019 11:38
Washington: Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dijadwalkan akan bertemu dengan Presiden Korea Selatan (Korsel) Moon Jae-in di sela-sela KTT G20 di Osaka, Jepang, bulan depan.
 
"Trump dan Moon akan melanjutkan koordinasi erat dalam upaya mencapai denuklirisasi final Korea Utara," sebut pernyataan dari Gedung Putih, dikutip dari Channel News Asia, Kamis 16 Mei 2019.
 
Namun, pihak Gedung Putih tak menjelaskan lebih rinci terkait pertemuan ini dan kepastian dari kehadiran Trump di KTT G20 di mana perang dagang AS dan Tiongkok akan kembali dibahas.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kedua kepala negara tersebut juga akan membahas pembentukan 'rezim perdamaian' melalui denuklirisasi lengkap untuk Korut," konfirmasi Kantor Kepresidenan Korsel, Gedung Biru.
 
Baca:Pompeo Sebut AS dan Rusia Sejalan Soal Korut
 
Sempat mencapai kesepakatan dalam pertemuan perdana di Singapura, Trump dan Kim Jong-un gagal mencapai kesepakatan yang kedua dalam KTT yang digelar di Hanoi, Vietnam, Februari lalu.
 
Bahkan, makan siang yang dijadwalkan akan mempertemukan Trump dan Kim beserta delegasi masing-masing negara pun dibatalkan. Tak hanya itu, Trump juga pulang ke Washington lebih cepat dari rencana.
 
Kala itu, Trump mengklaim bahwa Korut mendesak agar AS mencopot semua sanksi ekonomi yang kini masih tertancap sebagai syarat denuklirisasi dijalankan. Namun, AS menolak.
 
Korut juga sempat meluncurkan dua rudal balistik jarak pendek dan menembakkan proyektil dalam beberapa pekan terakhir yang dinilai Korsel sebagai bentuk protes terhadap AS karena KTT Hanoi berakhir tanpa hasil.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif