Kapal asal Venezuela berlabuh di pelabuhan Willemstad, Curacao, 24 Februari 2019. (Foto: AFP/LUIS ACOSTA)
Kapal asal Venezuela berlabuh di pelabuhan Willemstad, Curacao, 24 Februari 2019. (Foto: AFP/LUIS ACOSTA)

30 Imigran Venezuela Hilang dalam Insiden Kapal

Internasional konflik venezuela venezuela
Willy Haryono • 12 Juni 2019 13:12
Caracas: Sedikitnya 30 imigran Venezuela dinyatakan hilang setelah kapal jenis speedboat yang mengangkut mereka tenggelam dalam perjalanan menuju Curacao, sebuah negara pulau di Karibia. Kabar disampaikan seorang politikus oposisi Venezuela, Selasa 11 Juni.
 
Kapal tersebut meninggalkan desa Aguide, negara bagian Falcon, Venezuela pada Jumat pekan kemarin, membawa 30 hingga 35 orang. "Sejak saat itu, belum ada satu pun dari mereka yang menghubungi keluarga masing-masing," ujar Luis Stefanelli kepada kantor berita AFP.
 
Jasad seorang pria dengan jaket penyelamat ditemukan di dekat pelabuhan Bullenbaai di Curacao. Namun belum dapat dipastikan apakah pria tersebut merupakan bagian dari penumpang kapal asal Venezuela.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ini merupakan kali ketiga kapal yang membawa imigran Venezuela tenggelam dalam sebuah terakhir. Total imigran yang hilang sejauh ini mencapai 80 orang. Dua kapal sebelumnya bertolak menuju Trinidad and Tobago.
 
Robert Alcala, seorang politikus lainnya dari kubu oposisi Venezuela, mengatakan bahwa 29 orang hilang saat kapal mereka tenggelam dalam perjalanan menuju Trinidad and Tobago. Kapal lainnya yang mengangkut 33 imigran juga tenggelam di rute yang sama.
 
"Mereka ini adalah orang-orang yang sudah menjual segala harta benda dan pergi tanpa membawa apapun," kata Stefanelli.
 
Menurut keterangan beberapa keluarga, para imigran membayar USD400 untuk dapat menyeberang ke negara lain.
 
Venezuela dilanda krisis ekonomi parah dan mengalami resesi sejak lima tahun terakhir. Banyak warga kesulitan mendapatkan berbagai kebutuhan pokok.
 
Perserikatan Bangsa-Bangsa mengatakan seperempat dari total 30 juta warga Venezuela membutuhkan bantuan kemanusiaan. Pekan kemarin, PBB mengatakan lebih dari 3,3 juta warga Venezuela telah pergi ke negara lain sejak 3,5 tahun terakhir.
 
Baca:Ribuan Warga Venezuela Menyeberang ke Kolombia
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif