Presiden Venezuela Nicolas Maduro berbicara di hadapan ribuan personel militer di Maracay, 17 Mei 2019. (Foto: AFP)
Presiden Venezuela Nicolas Maduro berbicara di hadapan ribuan personel militer di Maracay, 17 Mei 2019. (Foto: AFP)

Maduro Deklarasikan Awal Negosiasi Damai dengan Oposisi

Internasional konflik venezuela venezuela
Willy Haryono • 18 Mei 2019 17:14
Maracay: Presiden Venezuela Nicolas Mdauro mendeklarasikan dimulainya negosiasi damai dengan kelompok oposisi di Oslo, ibu kota dari Norwegia. Negosiasi bertujuan mengakhiri ketegangan politik antara Maduro dengan oposisi yang dipimpin Juan Guaido.
 
Berbicara di hadapan 6.500 personel militer di Maracay pada Jumat 17 Mei, Maduro mengaku telah mengirim Menteri Komunikasi Jorge Rodriguez dan Gubernur negara bagian Miranda, Hentor Rodriguez, ke Oslo.
 
"Pembicaraan telah dimulai dengan baik menuju perjanjian damai. Saya meminta dukungan dari semua masyarakat Venezuela untuk mendorong jalan menuju perdamaian," ujar Maduro, dilansir dari laman Press TV, Sabtu 18 Mei 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Maduro menegaskan Venezuela memang sudah seharusnya menyelesaikan konflik apapun dengan "cara damai."
 
Deklarasi negosiasi disampaikan Maduro usai Norwegia mengaku "telah bertemu perwakilan aktor-aktor politik Venezuela."
 
Norwegia, yang menyebut negosiasi damai ini sebagai "diskusi eksplorasi," bertindak sebagai mediator antar kubu pemerintah Venezuela dengan Guaido.
 
Krisis politik terbaru di Venezuela dimulai saat Guaido mendeklarasikan diri sebagai presiden interim pada Januari lalu. Deklarasi dilakukan usai Maduro menjabat untuk periode kedua usai memenangkan pemilihan umum.
 
Guaido menilai pemilu berlangsung tidak sah karena tidak diikuti banyak tokoh -- ada yang dipenjara, sebagian dilarang berpartisipasi. Deklarasi presiden interim Guaido didukung puluhan negara, termasuk Amerika Serikat.
 
Sekretaris Jenderal Antonio Guterres mengatakan pada Kamis kemarin bahwa dirinya "sangat mendukung" negosiasi damai di Oslo.
 
Di hari yang sama, Guaido mengonfirmasi telah mengirim sebuah delegasi ke Oslo. Namun kala itu dia membantah adanya negosiasi langsung dengan perwakilan pemerintah Venezuela di sana.
 
Baca:Pemerintah dan Oposisi Venezuela Berunding di Norwegia
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif