Protes demi protes terus berlangsung di Venezuela. (Foto: AFP)
Protes demi protes terus berlangsung di Venezuela. (Foto: AFP)

Pemerintah dan Oposisi Venezuela Berunding di Norwegia

Internasional konflik venezuela venezuela
Sonya Michaella • 17 Mei 2019 06:57
Oslo: Pemerintah dan oposisi Venezuela menggelar pembicaraan di Norwegia. Pembicaraan ini meliputi pencarian solusi untuk krisis yang kini tengah melanda negara tersebut.
 
Pembicaraan ini merupakan pertemuan pertama dua kubu usai Presiden Nicolas Maduro dan Juan Guaido, pemimpin oposisi yang mengklaim dirinya presiden interim, bersitegang.
 
Dilansir dari AFP, Jumat 17 Mei 2019, kedua kubu diundang secara terpisah oleh Norwegia. Menteri Komunikasi dan Informasi Venezuela Jorge Rodriguez dan anggota Majelis Nasional Stalin Gonzalez menjadi wakil dari masing-masing kubu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara itu, Maduro mengaku sedang memantau pertemuan tersebut dari Caracas dan menyebut bahwa Rodriguez sedang menghadiri misi yang sangat penting untuk negara.
 
Baca:AS Berupaya Ajak Rusia Dukung Oposisi Venezuela
 
Perundingan ini diinisasi oleh kelompok negara Eropa yang akan mengirimkan wakilnya ke Venezuela guna memberikan solusi dalam krisis negara tersebut. Negara-negara ini, termasuk Uni Eropa, tergabung dalam Kelompok Kontak Internasional atau ICG.
 
Kelompok ini digagas setelah Guaido mengklaim dirinya adalah presiden sementara Venezuela sejak awal tahun ini.
 
Di samping itu, lebih dari 500 prajurit Venezuela telah membelot dari Maduro ke Guaido. Sebagian besar dari mereka meninggalkan pos penjagaan dan menyeberang ke Kolombia.
 
Menurut data pemerintah Kolombia, seperti dikutip dari laman Business Insider, jumlah pembelot dari Venezuela sudah mencapai 567 orang. Angka itu dicatat sejak terjadinya bentrokan berdarah antara simpatisan Guaido dengan pasukan keamanan Venezuela di wilayah perbatasan awal bulan ini.

 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif