Menlu AS Mike Pompeo. (Foto: AFP)
Menlu AS Mike Pompeo. (Foto: AFP)

AS Berupaya Ajak Rusia Dukung Oposisi Venezuela

Internasional rusia as-venezuela
Sonya Michaella • 27 Maret 2019 07:08
Washington: Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Mike Pompeo memperingatkan Rusia terkait konflik di Venezuela. Pompeo menegaskan, AS tidak akan tinggal diam.
 
"Dukungan militer Rusia terhadap Nicolas Maduro tidak sah dan berisiko memperpanjang penderitaan rakyat Venezuela yang sangat mendukung Juan Guaido, presiden sementara," sebut pernyataan Kementerian Luar Negeri AS, dilansir dari AFP, Rabu 27 Maret 2019.
 
Pernyataan ini disampaikan Pompeo kepada Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov melalui telepon. Namun hingga saat ini belum ada tanggapan resmi dari Rusia terkait percakapan itu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pompeo juga menyerukan agar Rusia menghentikan perilaku tidak konstruktif dan bergabung dengan Barat untuk mendukung Guaido. Dukungan kepada oposisi diyakini AS akan mengupayakan masa depan rakyat Venezuela.
 
Baca:Dua Jet Rusia Mendarat di Venezuela Bawa 100 Tentara
 
Sementara itu, dua jet Rusia terlihat mendarat di Caracas. Diketahui, jet tersebut membawa satu pejabat pertahanan dan 100 tentara Rusia. Satu jet membawa 35 ton makanan.
 
Sebelumnya, Rusia sempat mengecam "intervensi keji" dan "pengaruh berbahaya" Amerika Serikat dalam krisis di Venezuela. Rusia juga mengecam ancaman AS terhadap pemerintahan resmi Venezuela yang dipimpin Maduro.
 
Sementara itu, lebih dari 500 prajurit Venezuela telah membelot dari Maduro ke Guaido. Sebagian besar dari mereka meninggalkan pos penjagaan dan menyeberang ke Kolombia.
 
Menurut data pemerintah Kolombia, seperti dikutip dari laman Business Insider, jumlah pembelot dari Venezuela sudah mencapai 567 orang. Angka itu dicatat sejak terjadinya bentrokan berdarah antara simpatisan Guaido dengan pasukan keamanan Venezuela di wilayah perbatasan awal bulan ini.

 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif