Mantan Presiden Peru Alberto Fujimori sakit keras dan meminta pengampunan atas hukuman penjaranya (Foto: AFP).
Mantan Presiden Peru Alberto Fujimori sakit keras dan meminta pengampunan atas hukuman penjaranya (Foto: AFP).

Mantan Presiden Peru Memohon Ampun kepada Rakyat

Fajar Nugraha • 27 Desember 2017 11:09
Lima: Mantan Presiden Peru Alberto Fujimori yang tengah sakit keras, memohon ampunan dari rakyatnya yang menolak pemberian maaf dari pemerintah terkait kasus hukum yang mendera dirinya.
 
 
"Saya sadar semasa pemerintahan ada banyak pihak yang menerima keuntungan, tetapi di lain pihak harus diakui saya telah mengecewakan banyak pihak," tutur Fujimori, dalam permintaan maaf melalui Facebook, seperti dikutip AFP, Rabu 27 Desember 2017.
 
"Saya meminta semua pihak yang tersakiti untuk mengampuni saya dengan sepenuh hati," imbuh Fujimori, yang terbaring di tempat tidur dalam keadaan sakit.
 
Mantan presiden berusia 79 tahun itu tengah menjalani hukuman 25 tahun atas kasus korupsi dan pelanggaran HAM yang dilakukannya, selama memerintah Peru dari 1990 hingga 2000.
 
Dia dipindahkan dari penjara ke rumah sakit pada Sabtu 23 Desember, setelah menderita darah rendah dan detak jantung yang tidak teratur.
 
Dalam videonya, Fujimori mengaku terkejut dengan pengampunan yang diberikan oleh pemerintah. "Pengampunan ini sangat mengejutkan saya dan tentunya menimbulkan perasaan campur aduk antara senang dan sedih," tutur Fujimori.
 
 
Presiden Pedro Pablo Kuczynski memerintahkan pengampunan bagi Fujimori dan tujuh tahanan lainnya pada Minggu 24 Desember atas dasar kemanusiaan. Hal ini justru menyebabkan Presiden Kuczynski dalam masalah baru dalam pemerintahannya.
 
Ribuan warga turun ke jalan di Lima menentang keputusan itu. Akibatnya protes yang terjadi memicu bentrokan antara pedemo dengan polisi dan mendesak Kuczynski untuk lengser.

 
(FJR)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif