Indra Lesmana (Antara/Yudhi Mahatma)
Indra Lesmana (Antara/Yudhi Mahatma)

Indra Lesmana Jelaskan Maksud False Musik Indonesia Raya di Istana

Cecylia Rura • 27 Oktober 2019 10:00
Jakarta: Musikus Indra Lesmana menjelaskan maksud mengkritik musikalitas pengiring lagu Indonesia Raya dalam pelantikan di Istana Negara melalui cuitan di Twitter, Jumat, 25 Oktober 2019.
 
Dalam cuitannya, Indra Lesmana menyebut ada bagian yang terdengar false. Dikonfirmasi Medcom.id melalui sambungan telepon, Indra Lesmana menjelaskan maksud nada false yang dia tangkap dalam lagu Indonesia Raya saat pelantikan.
 
"False yang saya maksud adalah saat memainkan alat musik tiup itu memang tidan mudah, butuh intonasi yang baik dari setiap instrumen baik itu terompet, trombo, saksofon, kualitas intonasinya harus benar. Ini yang menurut saya masih jauh dari baik," kata Indra Lesmana yang kini menetap di Bali.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Indra Lesmana menyatakan turut menyaksikan kualitas musik istana dari masa ke masa. Dia menilai perlu ada pembenahan dan perhatian khusus untuk menangani kualitasi musikalitas di acara kenegaraan.
 
"Dari tahun ke tahun menurut saya perlu ada pembenahan karena dari tahun ke tahun yang saya dengar tidak pernah ada kemajuan yang signifikan dari kualitas band kenegaraan ini atau musik, orkes, marching band, korps baik dari TNI maupun dari paspamres," terang personel Krakatau itu.
 
Menurutnya, tajuk Kabinet Indonesia Maju yang diusung dalam pemerintahan Joko Widodo saat ini harus selaras di seluruh sektor, termasuk musik di negeri sendiri.
 
"Kemarin ini (cuitan), saya merasa penting untuk saya cuitkan karena Presiden Jokowi menamakan kabinetnya Kabinet Indonesia Maju. Saya pikir maju ini harus dari semua sektor," kata Indra Lesmana.
 
Penjelasan Indra Lesmana lebih mendalam soal kualitas musik di acara kenegaraan saat menyambut tamu dari luar negeri. Dia menilai, kualitas musik kenegaraan membawa lagu kebangsaan akan menjadi tolak ukur negara pengunjung menilai Indonesia.
 
"Saya pikir juga kalau kualitasnya tidak bagus, ini juga akan mendegradasi kualitas dari negara kita karena kualitas negara juga dilihat dari segala sudut pandang, segala aspek," kata Indra.
 
"Ketika ada acara kenegaraan, lagu Indonesia dikumandangkan, saya sebagai warga Indonesia, bangsa Indonesia ingin kualitas musiknya membanggakan saya dan saya yakin kalau itu bisa diwujudkan akan membanggakan seluruh masyarakat Indonesia," tegasnya Indra Lesmana.
 
Kritik Indra Lesmana mendapat sambutan baik dari pihak wakil komandan detasemen musik paspamres. Dia dihubungi melalui surel email dan diajak untuk berdiskusi terkait keterlibatannya untuk membenahi dapur musik istana.
 
Belum ada jadwal yang ditentukan, tapi dipastikan Indra Lesmana tengah dalam tahap diskusi untuk memberikan yang terbaik. Tindakannya ini juga ditepis bukan sebagai langkah untuk mendapat posisi di wilayah istana.
 
"Kira-kira apa yang bisa kita wujudkan bersama karena sekali lagi saya dalam hal ini sama sekali tidak ada keinginan untuk menjadi dirigen atau keinginan untuk istilahnya mencari kerjaan di istana, enggak sama sekali," katanya.
 
"Saya benar-benar di sini tulus membantu apa yang saya miliki, yang saya punya untuk kepentingan dan kebanggaan kita bersama," imbuhnya.
 
 
 
(ELG)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif