Do-young NCT (Foto: soompi)
Do-young NCT (Foto: soompi)

Penggemar K-pop Ramai Boikot Idolanya di Media Sosial, Kenapa?

Medcom • 26 Desember 2023 19:00
Jakarta: Sedang ramai di media sosial tentang rencana para penggemar K-pop yang memboikot idola mereka. Kira-kira apa alasan dan penyebabnya?
 
Seperti yang diketahui bahwa saat ini konflik yang terjadi antara Israel dengan Palestina sedang menjadi sorotan dunia. Banyak orang yang bersimpati kepada Palestina setelah menganggap Israel sebagai negara yang melakukan genosida. Alhasil, beberapa produk yang dinilai mendukung dan memberikan bantuan kepada Israel ramai ditolak oleh publik dan terkena aksi pemboikotan. Sebut saja seperti McDonalds dan Starbucks.
 
Para penggemar K-pop seakan memperhatikan dan menduga bahwa ada promosi terselubung yang dilakukan oleh kedua merek itu usai terkena boikot. Pasalnya, akhir-akhir ini banyak idol K-pop yang mempromosikannya secara tidak langsung.

"Mcdonalds & Starbucks (2 rantai makanan utama yang terkait dengan boikot) berusaha keras untuk menarik para penggemar K-pop karena boikot tersebut BERHASIL. Teruslah memboikot dan dukung restoran lokal kalian daripada perusahaan yang mendanai genosida secara massal. Jangan berikan uangmu pada mereka," tulis @hckism, seorang penggemar K-pop, di X, Senin, 25 Desember 2023.
 
baca juga: Kaleidoskop Grup K-pop yang Debut 2023

 
Banyak penggemar yang langsung mmeperhatikan beberapa idol K-pop yang ternyata masih terlibat dengan kedua merek itu di media sosial, seperti Jeon So-mi dengan Starbucks dan Do-young NCT dengan Mcdonalds.
 
Melalui unggahan di akun TikTok miliknya, @somi_official_, terlihat pelantun lagu "XOXO" itu sedang membuat konten merias. Namun penggemar K-pop langsung menyoroti minuman yang diminumnya saat awal video, yaitu Starbucks. Berbagai kritik pun langsung membanjiri kolom komentarnya.
 
"tumblernya ga bau darah kah som?" tulis @maccarog.
 
"somi, lukh gak mungkin gak ngerti kan?" tulis @huenumaki.
 
"itu bau darah gak mbak som tumblernya? ada rasa asep-asepnya gak?" tulis @sellauniverse.
 
Kemudian, ada Do-young NCT yang secara resmi terpilih sebagai model kampanye baru McDonalds baru-baru ini. Unggahan instastory di akun Instagram @do0_nct yang mempromosikan mereka tersebut pun menuai kritik.
 
baca juga: Kaleidoskop Artis Meninggal di Tahun 2023

 
Dalam postingan yang diunggah melalui akun X @tanyakanrl, warganet menyampaikan keresahannya terhadap fenomena idol K-pop yang mempromosikan merek yang diduga telah diboikot oleh banyak pihak karena dugaan pro israel.
 
"Ini mukidi udah takut bangkrut kah sampe endorse ke idol kpop, karena tau bakal berpengaruh lagi? Respect sama kalian yang tetep boikot brand brand pro israell," tulis @panncing.
 
"Mulai dah pake kpop buat dongkrak popularitas wwkwk gak laku yh??" tulis @zhajoon.
 
"Aorry doy aku gak tau management mu gimana, tapi ku stop dulu yaaa jalannya gak sama," tulis @aksafail.
 
"Respect gede buat fans yang udah boikot idolnya," tulis @Urbbygirllsss.
 
"Semangatt buat para fans doy dan kpopers lainnya, kemanusiaan jauh lebih penting," tulis @termahall.
 
Meski banyak penggemar K-pop yang telah menyuarakan pendapatnya tentang aksi boikot terhadap pendukung pro Israel, masih belum ada tanggapan dari pihak terkait terhadap hal tersebut. Hingga kini juga masih banyak penggemar K-pop yang mencoba agar agensi hiburan Korea Selatan sadar terhadap hal yang dilakukan oleh para artisnya yang diduga mendukung aksi genosida di Palestina.
 
(Rafi Alvirtyantoro)
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News

Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id
(ELG)




TERKAIT

BERITA LAINNYA

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan