Poster Film Pariban Tonjolkan Identitas Budaya Batak
Cuplikan dalam film Pariban: Idola dari Tanah Jawa (Foto: Stayco Media)

Jakarta: Teaser poster film Pariban: Idola dari Tanah Jawa resmi dirilis. Film yang disutradarai oleh Andibachtiar Yusuf itu dibintangi oleh Ganindra Bimo dan Atiqah Hasiholan.

Melalui poster film, tim produksi ingin kembali memperlihatkan identitas budaya Batak kepada generasi muda. Adat Batak pada teaser poster ini dapat dirasakan dengan jelas dari kehadiran sentuhan Rumah Bolon dan Ulos.

“Zaman berubah, masyarakat kian maju. Tapi saya percaya orang batak tidak boleh meninggalkan adat dan kebudayaan. Saya terpanggil untuk mengajak anak muda batak mencintai budayanya sendiri. Tidak menggurui, namun melalui sebuah film komedi. Karena menurut saya, semua orang suka film komedi terutama untuk menghilangkan stres,” ujar Agustinus Sitorus, CEO Stayco Media dan Produser Film Pariban, dalam keterangan pers yang diterima Medcom.id.



Pariban: Idola dari Tanah Jawa dekat dengan keseharian masyarakat Batak. Hal itu pula yang menjadi kekuatan dalam film ini.

“Pariban sendiri merupakan istilah yang digunakan agi sepupu dalam masyarakat Batak yang biasanya dijodohkan oleh para orangtua. Sampai hari ini, pemuda Batak tuh kalau ditanya jodoh biasanya, ‘Sudah dapat pariban itu?’ Apalagi buat yang masih jomblo pasti ditanyain terus! Nah, kami pengin mencoba cerita budaya Batak dengan sudut pandang yang sederhana, yang bisa bikin cekikikan dan enggak rumit, makanya kami bikin film Pariban ini,” jelas sutradara Andibachtiar Yusuf.

Film ini bercerita tentang karakter Moan (Ganindra Bimo), sosok pemuda Batak yang sudah lama tinggal di Jakarta. Usia Moan 37 tahun dan belum punya pacar. Hal itu membuat Ibu dari Moan yang tinggal di Samosir turun tangan.

Moan lantas dipaksa mudik untuk menikah dengan sepupunya, Uli (Atiqah Hasiholan). Ternyata, Uli yang diceritakan sebagai perempuan cantik yang mencintai budaya Batak sudah punya kekasih.

Pariban: Idola dari Tanah Jawa juga dibintangi oleh  Dayu Wijanto, Rizki Mocil, Bang Tigor, Imelda Budiman, Mak Gondut, dan masih banyak lagi. Film ini merupakan produksi perdana Stayco Media dan dijadwalkan tayang pada bulan Oktober mendatang.






(ASA)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id