Menag Lukman Hakim Saifuddin tengah memeriksa fungsi AC di Arafah/ANTARA/Hanni Sofia
Menag Lukman Hakim Saifuddin tengah memeriksa fungsi AC di Arafah/ANTARA/Hanni Sofia

Suhu Pendingin Udara Tenda Arafah Diseragamkan

Haji Haji 2019
Antara • 07 Agustus 2019 17:14
Makkah: Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin mengimbau agar suhu pendingin udara atau air conditioner (AC) tenda jemaah haji Indonesia di Arafah ditentukan sekitar 23-24 derajat celcius. Hal ini dilakukan demi kenyamanan banyak orang ketika wukuf di tengah suhu udara Arab Saudi yang panas.
 
"Karena boleh jadi mulai menjelang siang kita memerlukan suhu yang lebih dingin. Tetapi ketika malam hari tentu bisa kembali disesuaikan," kata Lukman saat meninjau Arafah, Muzdalifah, dan Mina, Makkah, seperti dikutip dari Antara pada Rabu, 7 Agustus 2019.
 
Sebelumnya, penggunaan AC diuji pada suhu 26 derajat celcius di sebuah tenda berkapasitas lebih dari 300 orang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Perlu ada perubahan dan penyesuaian. Itu tanggung jawab petugas haji," kata dia.
 
Tenda Arafah di tahun-tahun sebelumnya hanya difasilitasi kipas angin (standing fan). Menag kemudian minta kepada perusahaan pengelola teknis pelayanan ibadah haji atau Muassasah wilayah Asia Tenggara akan menggantinya dengan AC.
 
"Alhamdulillah, semuanya sudah terpasang dengan baik," kata Lukman.
 
AC yang dipasang di tenda-tenda Arafah berbobot 12 ton dan 25 ton. Untuk AC 12 ton berkapasitas 56 PK, sedangkan yang 25 ton berkapasitas 118 PK. Pemasangannya pun menyesuaikan luas tenda dengan penyalur udara yang dapat diputar 180 derajat.
 
"Kapasitas tenda sesuai dengan penjelasan dari ketua Muassasah. Mudah-mudahan mampu meningkatkan tingkat kenyamanan jemaah haji," kata dia.
 

(SBH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif