ILUSTRASI: Salah satu haji Indonesia mendatangi kantor kesehatan Indonesia/MI/Dika Kardi.
ILUSTRASI: Salah satu haji Indonesia mendatangi kantor kesehatan Indonesia/MI/Dika Kardi.

Persiapan Tim Kesehatan di Puncak Haji Sudah 100 Persen

Haji Haji 2019
Antara • 09 Agustus 2019 16:21
Makkah: Persiapan petugas dan fasilitas kesehatan haji Indonesia di berbagai titik wilayah Arafah, Muzdalifah, dan Mina (Armuzna) sudah mencapai 100 persen.
 
Kepala Balitbang Kesehatan, Kementrian Kesehatan (Kemenkes) RI Siswanto menjelaskan, seluruh tenaga kesehatan dan sarana prasarana pelayanan sudah siap digunakan untuk pelaksanaan wukuf di Arafah dan Mina.
 
"Tim Gerak Cepat juga sudah dipersiapkan di Arafah dan Mina guna membantu mengurangi jumlah jemaah haji yang sakit," kata dia di Makkah, Jumat, 8 Agustus 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dalam kesempatan itu, Tim Asistensi Kemenkes RI juga mengunjungi klinik kesehatan milik Kerajaan Arab Saudi yang dapat dijadikan rujukan bagi pasien asal Indonesia. Di klinik ini, akan disiagakan satu orang dokter umum, dua dokter spesialis dan beberapa tenaga paramedis.
 
Di Arafah, Tim Asistensi dan rombongan lainnya meninjau Pos Kesehatan Arafah yang dikelola oleh Tim Mobile Bandara. Pos tersebut sudah rampung dan siap untuk melayani jemaah.
 
Terkait Muzdalifah, Siswanto mengungkapkan pihaknya tidak menyediakan pos kesehatan khusus karena jemaah hanya singgah sesaat untuk mabit. Meski begitu, Kemenkes RI tetap menyiapkan pos-pos sementara dan ambulans untuk berjaga. Ambulans milik Indonesia ditempatkan di lokasi yang mudah diakses.

 

(SBH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif