YOUR FASHION
Jadi Knitwear Favorit Hijabers, Jenama Lokal Ini Bagikan Kiat Tumbuh di Era Digital
Medcom
Senin 30 September 2024 / 07:00
Jakarta: Dunia fashion lokal terus mengalami perkembangan yang sangat signifikan. Hal ini terlihat dari hadirnya brand-brand lokal, yang tidak hanya menawarkan produk, tetapi juga berani mengambil langkah untuk menciptakan produk inovatif dengan kualitas terbaik.
Tren fashion yang terus berputar tentu menjadi peluang tersendiri bagi para pelaku usaha lokal untuk berkreasi dan bergerak bersama konsumen.
Begitu pun yang dirasakan oleh Khairul Gani, pemilik merek fesyen lokal Gonegani yang berfokus pada knitwear berkualitas tinggi dengan desain modern dan nyaman.
Berawal dari sebuah kos-kosan, pria yang akrab disapa Gani ini memutuskan untuk meluncurkan brand-nya sendiri dengan nama Gonegani. Saat ini, Gonegani telah banyak dikenal oleh masyarakat luas dan telah berhasil memperkuat potensi nya dengan strateginya dalam memanfaatkan kemajuan teknologi.
Ketika Gonegani memutuskan masuk ke pasar online pada 2021, brand asal Bandung ini mencoba memetakan strategi dan inovasi apa saja yang bisa dimanfaatkan untuk mendorong penjualan secara online.
"Saat bergabung dengan Shopee, kami sudah melihat bahwa adanya potensi yang dapat kami optimalkan melalui fitur-fitur yang ditawarkan oleh Shopee. Mulai dari mengikuti kampanye angka kembar hingga mengoptimalkan fitur-fitur interaktif seperti Shopee Live & Video, untuk bergerak bersama dengan perilaku belanja konsumen yang perlahan berubah. Dampak positif yang terlihat sejak kami mulai aktif melakukan live streaming di Shopee Live, di mana terdapat peningkatan pesanan lebih dari 70 kali lipat dibandingkan dengan tahun lalu," ujarnya.

(Salah satu koleksi knitwear dari Gonegani. Foto: Dok. Istimewa)
dan memanfaatkan setiap peluang yang ditawarkan oleh teknologi digital. Khairul mengatakan riset pasar merupakan kunci utama yang selalu dilakukan oleh Gonegani untuk membangun dan menjaga keberlangsungan bisnis.
Mulai dari mempelajari tren-tren fesyen yang tidak hanya digemari tapi juga dibutuhkan oleh pasar Indonesia, hingga bergerak dengan perkembangan perilaku belanja di mana masyarakat cenderung memilih cara berbelanja yang mudah dan dapat langsung bertanya melalui live streaming.
"Saya yakin interaksi langsung dengan konsumen adalah kunci keberhasilan di era digital. Melalui Shopee Live dan Shopee Video, kami bisa mendengar feedback konsumen dan terus berinovasi. Konsumen lebih mudah melihat kualitas produk, bertanya soal padu padan, hingga menikmati penawaran voucher," tutur Gani.
Selain itu, rutin menjalankan Shopee Live juga membantu brand ini menjangkau lebih banyak konsumen, berjualan real-time, dan membangun kepercayaan. Pesanan melalui Shopee Live kini bahkan berkontribusi hingga 50 persen.
Dalam membuat konten, Gonegani juga turut meriset tentang tren yang sedang berlangsung di
dunia fashion. Sehingga konten yang disuguhkan dapat meningkatkan daya tarik pengguna, seperti mix and match, misalnya.
Tidak hanya itu, untuk memperkuat strategi, Gonegani juga kerap memberikan voucher untuk berbelanja tidak hanya melalui Shopee Live tetapi juga Shopee Video.
"Memutuskan untuk rutin aktif Shopee Live, bisa membantu meningkatkan kualitas hidup baik untuk pribadi, keluarga dan bisnis. Saat ini pun, Gonegani sudah memiliki team sendiri untuk meng-handle Shopee Live, bahkan ini juga menjadi kesempatan untuk membuka lapangan pekerjaan baru," jelasnya.
Saat awal bergabung, lanjut Gani, salah satu keinginan merek ini adalah untuk menghabiskan produk-produk yang tidak terjual melalui website. Namun, lebih dari ekspektasi yang dinanti, tidak hanya menghabiskan produk, Shopee telah membantu meningkatkan penjualan.
"Hingga saat ini pun, kampanye angka kembar seperti Big Ramadan Sale hingga PayDay Sale masih menjadi bintang dan momentum yang besar bagi kami," ungkapnya.

(Riset pasar merupakan kunci utama yang selalu dilakukan oleh Gonegani untuk membangun dan menjaga keberlangsungan bisnis. Foto: Dok. Istimewa)
saat itu, Gani kerap diminta oleh teman-temannya untuk membantu memadupadankan OOTDyang akan digunakan.
Memiliki mimpi untuk melahirkan brand fashion yang dapat berdiri di tiga kota besar di Indonesia, Gani pun melakukan berbagai upaya mulai dari mencoba membuka online shop saat di bangku kuliah hingga bekerja di salah satu brand fashion untuk mempelajari lebih dalam mengenai bisnis dalam industri tersebut.
Gonegani pertama kali berdiri pada tahun 2015 dengan visi untuk menawarkan produk knitwear yang berkualitas dan memiliki desain yang mengikuti tren fashion global.
Membangun identitas dan menciptakan produk dengan khas Gonegani bukanlah hal yang mudah. Secara rinci dan teliti, Gani memperhatikan proses produksi produk-produk Gonegani agar memiliki kualitas terbaik. Berawal dari produksi skala kecil, Gonegani perlahan memperluas jangkauan pasarnya melalui berbagai pameran lokal dan online marketplace.
"Dengan semangat dan kegigihan, kedepannya Gonegani akan terus belajar dan mengikuti tren serta pergerakan perilaku belanja masyarakat. Masih banyak peluang dan potensi yang dapat dikreasikan melalui brand ini. Tidak hanya untuk keberlangsungan bisnis, tetapi juga untuk membuktikan potensi besar yang dimiliki oleh produk-produk lokal," tutup Gani.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
(yyy)
Tren fashion yang terus berputar tentu menjadi peluang tersendiri bagi para pelaku usaha lokal untuk berkreasi dan bergerak bersama konsumen.
Begitu pun yang dirasakan oleh Khairul Gani, pemilik merek fesyen lokal Gonegani yang berfokus pada knitwear berkualitas tinggi dengan desain modern dan nyaman.
Berawal dari sebuah kos-kosan, pria yang akrab disapa Gani ini memutuskan untuk meluncurkan brand-nya sendiri dengan nama Gonegani. Saat ini, Gonegani telah banyak dikenal oleh masyarakat luas dan telah berhasil memperkuat potensi nya dengan strateginya dalam memanfaatkan kemajuan teknologi.
Ketika Gonegani memutuskan masuk ke pasar online pada 2021, brand asal Bandung ini mencoba memetakan strategi dan inovasi apa saja yang bisa dimanfaatkan untuk mendorong penjualan secara online.
"Saat bergabung dengan Shopee, kami sudah melihat bahwa adanya potensi yang dapat kami optimalkan melalui fitur-fitur yang ditawarkan oleh Shopee. Mulai dari mengikuti kampanye angka kembar hingga mengoptimalkan fitur-fitur interaktif seperti Shopee Live & Video, untuk bergerak bersama dengan perilaku belanja konsumen yang perlahan berubah. Dampak positif yang terlihat sejak kami mulai aktif melakukan live streaming di Shopee Live, di mana terdapat peningkatan pesanan lebih dari 70 kali lipat dibandingkan dengan tahun lalu," ujarnya.

(Salah satu koleksi knitwear dari Gonegani. Foto: Dok. Istimewa)
Kunci Utama Tumbuh di Era Digital
Banyaknya keberhasilan yang sudah Gonegani capai menjadi motivasi untuk terus berinovasidan memanfaatkan setiap peluang yang ditawarkan oleh teknologi digital. Khairul mengatakan riset pasar merupakan kunci utama yang selalu dilakukan oleh Gonegani untuk membangun dan menjaga keberlangsungan bisnis.
Mulai dari mempelajari tren-tren fesyen yang tidak hanya digemari tapi juga dibutuhkan oleh pasar Indonesia, hingga bergerak dengan perkembangan perilaku belanja di mana masyarakat cenderung memilih cara berbelanja yang mudah dan dapat langsung bertanya melalui live streaming.
"Saya yakin interaksi langsung dengan konsumen adalah kunci keberhasilan di era digital. Melalui Shopee Live dan Shopee Video, kami bisa mendengar feedback konsumen dan terus berinovasi. Konsumen lebih mudah melihat kualitas produk, bertanya soal padu padan, hingga menikmati penawaran voucher," tutur Gani.
Selain itu, rutin menjalankan Shopee Live juga membantu brand ini menjangkau lebih banyak konsumen, berjualan real-time, dan membangun kepercayaan. Pesanan melalui Shopee Live kini bahkan berkontribusi hingga 50 persen.
Dalam membuat konten, Gonegani juga turut meriset tentang tren yang sedang berlangsung di
dunia fashion. Sehingga konten yang disuguhkan dapat meningkatkan daya tarik pengguna, seperti mix and match, misalnya.
Tidak hanya itu, untuk memperkuat strategi, Gonegani juga kerap memberikan voucher untuk berbelanja tidak hanya melalui Shopee Live tetapi juga Shopee Video.
"Memutuskan untuk rutin aktif Shopee Live, bisa membantu meningkatkan kualitas hidup baik untuk pribadi, keluarga dan bisnis. Saat ini pun, Gonegani sudah memiliki team sendiri untuk meng-handle Shopee Live, bahkan ini juga menjadi kesempatan untuk membuka lapangan pekerjaan baru," jelasnya.
Saat awal bergabung, lanjut Gani, salah satu keinginan merek ini adalah untuk menghabiskan produk-produk yang tidak terjual melalui website. Namun, lebih dari ekspektasi yang dinanti, tidak hanya menghabiskan produk, Shopee telah membantu meningkatkan penjualan.
"Hingga saat ini pun, kampanye angka kembar seperti Big Ramadan Sale hingga PayDay Sale masih menjadi bintang dan momentum yang besar bagi kami," ungkapnya.

(Riset pasar merupakan kunci utama yang selalu dilakukan oleh Gonegani untuk membangun dan menjaga keberlangsungan bisnis. Foto: Dok. Istimewa)
Kilas Balik Perjalanan Gonegani
Ketertarikan Gani terhadap dunia fashion sudah terlihat sejak di bangku kuliah, di mana padasaat itu, Gani kerap diminta oleh teman-temannya untuk membantu memadupadankan OOTDyang akan digunakan.
Memiliki mimpi untuk melahirkan brand fashion yang dapat berdiri di tiga kota besar di Indonesia, Gani pun melakukan berbagai upaya mulai dari mencoba membuka online shop saat di bangku kuliah hingga bekerja di salah satu brand fashion untuk mempelajari lebih dalam mengenai bisnis dalam industri tersebut.
Gonegani pertama kali berdiri pada tahun 2015 dengan visi untuk menawarkan produk knitwear yang berkualitas dan memiliki desain yang mengikuti tren fashion global.
Membangun identitas dan menciptakan produk dengan khas Gonegani bukanlah hal yang mudah. Secara rinci dan teliti, Gani memperhatikan proses produksi produk-produk Gonegani agar memiliki kualitas terbaik. Berawal dari produksi skala kecil, Gonegani perlahan memperluas jangkauan pasarnya melalui berbagai pameran lokal dan online marketplace.
"Dengan semangat dan kegigihan, kedepannya Gonegani akan terus belajar dan mengikuti tren serta pergerakan perilaku belanja masyarakat. Masih banyak peluang dan potensi yang dapat dikreasikan melalui brand ini. Tidak hanya untuk keberlangsungan bisnis, tetapi juga untuk membuktikan potensi besar yang dimiliki oleh produk-produk lokal," tutup Gani.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(yyy)