YOUR FASHION

Sepatu Jalan vs Sepatu Lari, Ini yang Harus Kamu Tahu

Mia Vale
Minggu 01 Mei 2022 / 17:00
Jakarta: Kadang kita menyamakan semua sepatu saat menggunakannya. Padahal masing-masing sepatu itu ada bedanya. Sepatu jalan dan sepatu lari, misalnya.

Seorang pelari menghantam tanah dengan tiga kali berat badan mereka di setiap langkah. Sedangkan pejalan kaki, hanya satu setengah kali berat badan mereka. 

“Sepatu berjalan berbeda dari sepatu lari karena dirancang untuk cara bergerak yang berbeda. Pejalan kaki cenderung menyerang lebih dulu dengan tumit mereka dan berguling melewati anak tangga. Sedangkan pelari menyerang di midsole dan sering kali membutuhkan lebih banyak peredam kejut untuk meredam benturan," jelas ahli penyakit kaki George Hill, dari Fleet Street Clinic. Itu berarti bahwa sepatu terbaik untuk berjalan tidak akan cocok untuk pelari.

Nah, bila kamu sedang mencari sepasang sepatu baru, pastikan untuk membaca panduan yang telah dikutip dari Fit&Well tentang cara memilih sepatu berjalan dan cara memilih sepatu lari yang tepat.  
 

Bantalan 


Kekuatan pada tubuh selama berjalan dan berlari sangat berbeda, dengan pelari yang memukul tanah dengan dampak yang lebih besar daripada pejalan kaki. Karena itu, pelari membutuhkan lebih banyak bantalan di bagian tumit dan bagian depan untuk mencegah nyeri dan cedera pada kaki. 

Sebaliknya, pejalan kaki tidak benar-benar membutuhkan banyak bantalan. Bergantung pada individu apakah mereka menginginkan sepatu yang lebih berat yang mengurangi dampak pada kaki dan tumit, atau yang lebih ringan yang memungkinkan mereka untuk berjalan lebih cepat. 
 

Ukuran dan ujung sepatu 


Dalam sepatu lari harus ada jarak satu centimeter antara jari kaki terpanjang dan bagian atas sepatu. Ini karena ketika kita berlari, distribusi berat badan berarti jari-jari kaki menyebar dan akibatnya membutuhkan lebih banyak ruang untuk bergerak. 

Sedangkan untuk sepatu jalan, Osteopath selebriti Anisha Joshi mengatakan bahwa sepatu jalan yang bagus akan membentuk kaki dan pastikan memiliki ruang untuk kaus kaki yang tebal.


beda sepatu lari dan untuk jalan
(Midsole adalah salah satu bagian terpenting dari setiap sepatu lari atau berjalan, dan dapat memberikan peredam kejut, bantalan ekstra, dan penyangga yang fleksibel. Foto: Ilustrasi/Pexels.com)
 

Fleksibilitas 


"Tergantung di mana kita berjalan, fleksibilitas bisa sangat penting," ujar Anisha. Jika berjalan di rute yang lebih mudah, maka fleksibilitas dapat bermanfaat karena akan memungkinkan kaki bergerak lebih banyak dan akan berjalan lebih alami, mengurangi rasa sakit. 

Namun jika berjalan di rute yang lebih sulit, maka fleksibilitas dapat menjadi kurang diinginkan karena akan membutuhkan lebih banyak dukungan. Dalam sepatu lari, sol sepatu lari lebih penting untuk fleksibel agar dapat beradaptasi dengan medan tempat kamu berlari. Sol yang kaku dapat menyebabkan lebih banyak rasa sakit dan nyeri terjadi. 
 

Bagian tumit


Sepatu kets untuk lari cenderung memiliki tumit yang dibangun untuk stabilitas. Pelari memukul tanah dengan bagian kaki yang berbeda – baik bagian depan tumit, sol tengah, atau bola kaki, jadi ada banyak teori tentang rasio penurunan tumit dan ujung kaki mana yang paling tepat. 

Sedangkan pejalan kaki, tidak perlu mempertimbangkan penurunan tumit, selama sepatu itu nyaman dan merasa didukung di dalamnya, maka sepatu itu mungkin akan baik-baik saja.
 

Sol tengah 


Midsole adalah salah satu bagian terpenting dari setiap sepatu lari atau berjalan, dan dapat memberikan peredam kejut, bantalan ekstra, dan penyangga fleksibel. 

“Midsole memberikan peredam kejut, jadi penting untuk mempertimbangkan tujuan penggunaan sepatu yang dibeli. Kurangnya penyerapan dapat menyebabkan perasaan peningkatan tekanan pada persendian dan dapat menyebabkan rasa sakit dan nyeri," imbuh Anisha. Midsole lebih penting dalam sepatu lari, karena dampak di area ini ketika kaki menyentuh tanah dengan cepat. 
 

Tambahan sol


Sangat penting untuk mendapatkan sol yang dibuat khusus karena ini akan memberikan dukungan untuk kaki di area yang benar. Pastikan bahwa jika akan menggunakan sol, ruang di dalam sepatu cukup, karena menambahkan sol dalam sepatu yang sudah ketat akan meningkatkan tekanan pada kaki. 

Sol dalam yang benar, memastikan bahwa gaya berjalan akan menopang seluruh tubuh saat berolahraga. Ingat, pada dasarnya, setiap sepatu memiliki tujuan yang berbeda, jadi pastikan itu cocok untuk kamu ya.

(TIN)

MOST SEARCH