YOUR FASHION

Perkenalkan Tas Kulit Vegan Hermès yang Terbuat dari Jamur

Yuni Yuli Yanti
Kamis 03 Februari 2022 / 09:00
Jakarta: Kolaborasi dengan misi berkelanjutan antara rumah desain Prancis, Hermès dengan MycoWorks yang membuat tas dengan alternatif kulit jamur akhirnya terlaksana. 

Alternatif kulit jamur adalah bahan miselium halus yang dikenal sebagai Reishi. Lebih dari 10.000 nampan alternatif berkelanjutan diproduksi di pabrik pertama tahun lalu dalam upaya untuk membuktikan bahwa kuantitas dan kualitas yang diinginkan dapat dicapai.

MycoWorks merupakan sebuah perusahaan bioteknologi yang berbasis di San Francisco telah membuktikan bahwa mereka dapat mempertahankan tingkat produk yang diinginkan saat melakukan produksi untuk merek fesyen mewah tersebut.



Oleh karena itu, perseroan mendapat pendanaan baru senilai US$125 juta yang akan digunakan untuk membangun pabrik produksi baru di South Carolina. Pendanaan tersebut akan membuat Reishi lebih mudah tersedia bagi merek yang ingin mengambil jalur berkelanjutan.

Untuk kolaborasi pertamanya dengan Hermès, MycoWorks menyesuaikan tas Hermès Victoria pada tahun 2021 dengan bahan Sylvania. Namun, rencananya akan ada banyak lagi kolaborasi kelas atas yang akan datang, menurut CEO MycoWorks Matt Scullin dikutip dari Lifestyle Asia.



Reishi, yang merupakan miselium halus, terbuat dari struktur akar jamur yang dapat diperbarui. Struktur ini digunakan untuk membuat bahan yang dapat disesuaikan yang terasa seperti kulit binatang.

Selain tekstur, keawetan kulit alternatif juga dikatakan mirip dengan kulit hewan. Karena bahannya bisa disesuaikan, teksturnya juga bisa diubah sesuai keinginan pembeli, termasuk ketebalan dan rasanya di tangan. 

Dunia mode saat ini bergerak menuju alternatif kulit yang lebih berkelanjutan dan vegan. Baru-baru ini, Gucci juga mengembangkan kulit vegannya sendiri yang disebut Demetra, yang mereka gunakan di Ace Sneakers. Stella McCartney, merek yang sudah dikaitkan dengan kemewahan berkelanjutan juga bekerjasama dengan bahan mylo Bolt Thread.
(yyy)

MOST SEARCH