YOUR FASHION

The New Formal Jadi Tema Kompetisi Modest Fashion Project 2021

Yuni Yuli Yanti
Jumat 16 April 2021 / 10:36
Jakarta: Fashion muslim di Indonesia mempunyai kinerja yang diakui di dunia internasional. Berdasarkan The State of Global Islamic Economy Report 2020/2021, Indonesia menduduki peringkat ketiga sebagai negara yang mengembangkan fashion muslim terbaik di dunia setelah Uni Emirat Arab dan Turki.

Selain itu, Industri fashion muslim yang merupakan bagian dari industri pakaian jadi memiliki kontribusi cukup besar terhadap perekonomian nasional. 

Agar bersinergi mengembangkan industri fashion muslim nasional melalui pengembangan potensi desainer fashion yang salah satunya melalui Kompetisi Modest Fashion Project (MOFP). Kompetisi MOFP sendiri telah diselenggarakan sejak tahun 2018.

Sebagai salah satu upaya dalam memberikan akses informasi kepada para calon peserta kompetisi MOFP, Direktorat Jenderal IKMA kembali menyelenggarakan Webinar Sosialisasi Kompetisi MOFP dengan Topik ”Bedah The New Formal." 


(Busana karya Rengganis di Muslim Fashion Festival (MUFFEST) 2021, Surabaya. Foto: Dok. Modest.id)


Para narasumber yang merupakan dewan juri kompetisi MOFP, memberikan penjelasan dan gambaran tentang konsep The New Formal yang merupakan tema kompetisi MOFP pada tahun ini.

Direktur Industri Aneka dan IKM Kimia, Sandang dan Kerajinan, E. Ratna Utarianingrum mengatakan, “Kami menyadari bahwa desainer memiliki peran yang sangat penting dalam mengembangkan industri fashion dimana para desainer dapat memberikan inovasi dan menentukan arah tren desain khususnya dalam industri fashion di Indonesia”.

Ratna juga menyampaikan bahwa tema The New Formal bertujuan untuk memberikan tantangan kepada para desainer untuk mampu membaca kebutuhan pasar, peluang, dan inovasi produk fashion muslim di masa saat ini maupun masa yang akan datang, baik dari segi desain maupun konsep bisnis. 


(Para pembicara di acara Webinar Sosialisasi Kompetisi MOFP. Foto: Dok. Istimewa)


"Diharapkan tema ini dapat mendorong munculnya para finalis MOFP yang semakin siap untuk membawa impact positif bagi industri fashion muslim nasional," tuturnya dalam webinar Kompetisi Modest Fashion Project (MOFP), Rabu, (14/4/2021).

Selain mensosialisasikan tema kompetisi MOFP, acara webinar juga diisi dengan Talkshow Bedah The New Formal yang diisi oleh para dewan juri MOFP, sesi tanya jawab dengan narasumber serta fashion show virtual karya fashion para desainer finalis MOFP yang telah mendapatkan program pembinaan dari Ditjen IKMA.

Sebagai informasi kompetisi MOFP 2021 resmi bergulir pada tanggal 25 Februari 2021 lalu yang diresmikan oleh Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka, Gati Wibawaningsih.

(yyy)

MOST SEARCH