YOUR FASHION

5 Fashion Sustainable Memukau Karya Mahasiswa IKJ

Yuni Yuli Yanti
Jumat 12 Maret 2021 / 19:53
Jakarta: Fakultas Seni Rupa Institut Kesenian Jakarta berkesempatan untuk tampil dalam opening fashion show virtual Sustainable dan Charity bersama fashion designer Ali Charisma. Bagi Program Studi Desain Produk Mode yang bernaung di bawah Fakultas Seni Rupa IKJ ini, dalam berkarya kreatif saja tidak cukup tetapi kita juga harus peduli, baik dengan sesama manusia maupun dengan alam ini.

Menampilkan 30 karya fashion dari lima mahasiswa yang masing-masing menampilkan 6 karya, yang terdiri dari lima karya ready to wear dan satu karya art wear. Karya yang ditampilkan adalah Tugas Akhir mahasiswa yang dipilih karena kesesuaian tema karya dengan tema besar fashion show virtual tersebut. 

Berikut tampilan koleksi kelima mahasiswa dan singkat kisah dibalik cerita busana tersebut:
 

The Beauty of Legacy 



(Terinspirasi dari kekayaan Budaya dalam acara Karnaval tua suku Buton di Sulawesi Tenggara, busana karya Nur Alfianita ini ditujukan untuk wanita karir berusia 22 – 35 tahun dengan Style Arty Off Beat dan Grunge Look untuk menyampaikan suasana dari karnaval ke dalam koleksi busana mengacu pada trend forecasting 2019/2020 tema besar trend Svarga dan sub Festive Fiesta. Foto: Dok. Istimewa)

 

The Mystical Light



(Dinda Shefila terinspirasi dari suasana saat menikmati fenomena aurora borealis dengan style feminin dramatic dan look bohemian. Target market busana ini adalah wanita berusia 25-35 tahun, menengah dan atas yang tinggal di kota metropolitan. Foto: Dok. Istimewa)

 

Chain Reaction 



(Koleksi karya Annisa Nur Ratnasari ini sepenuhnya terinpirasi dari suasana saat terjadinya tragedi berdarah Trisakti tahun 1998. Koleksi ini didesain bergaya Art Off  Beat dengan tampilan yang Grunge dengan pasar yang dituju adalah wanita dan pria  berusia 23- 30 tahun. Koleksi busana “Chain Reaction” didesain mengacu pada trend  2019/2020 bertema Neo Medival dengan sub tema Armory. Foto: Dok. Istimewa)

 

The Ravage



(Wildan Affitrah terinspirasi dari peristiwa Hancurnya Pearl Harbor yang sangat mengerikan di masa Perang Dunia kedua. Mengacu pada Trend tahun 2019/2020 Singularity dengan tema Neo Medieval dan sub tema Dystopian  Fortress dengan style Sporty Dramatic dan look Army look menampilkan karakter busana  yang memberi kesan Ekstreme dan Porak-poranda ditujukan untuk pria dan wanita  dewasa yang berusia 22-40 tahun diperkotaan. Foto: Dok. Istimewa)

 

Breaking The Challenge



(Busana karya Alfian Andang Wisudawan ini menampilkan busana dengan karakter yang terlihat  terbatas namun expresif yang menjadi identitas diri dari penulis, fashionable, dan juga  modern, dengan bergaya style arty dramatic dan look edgy terkait dengan trend  exuberant dan subtema urban caricature ditunjukkan untuk target market pria dan  wanita karir modern usia 25-50 tahun tinggal didaerah perkotaan dan merupakan pria  dan wanita dengan perekonomian menengah keatas. Foto: Dok. Istimewa)

(yyy)

MOST SEARCH