WISATA
Minat Mudik lewat Jalur Darat Meningkat, Pemesanan via Online jadi Solusi
A. Firdaus
Selasa 18 April 2023 / 08:32
Jakarta: Menjelang periode Mudik Lebaran 2023, data internal Traveloka mencatat peningkatan permintaan khususnya pada lini bisnis transportasi darat. Untuk itu, perlu beberapa solusi agar tak terjadi penumpukan, termasuk lewat digitalisasi.
Mendekati libur Lebaran, terdapat kenaikan permintaan pada moda transportasi Bus sebesar 65% dibandingkan dengan periode libur Lebaran tahun lalu. Selain Bus, moda transportasi darat lainnya seperti Kereta Api, Shuttle dan Mobil Pribadi juga menjadi favorit pilihan konsumen untuk melakukan perjalanan di momentum Hari Raya Lebaran.
Peningkatan permintaan pada lini bisnis transportasi darat yang dicatat Traveloka tersebut sesuai dengan hasil survei Badan Kebijakan Transportasi Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Berdasarkan survei tersebut, perjalanan melalui moda darat berkontribusi 75% dari total seluruh perjalanan pada musim mudik dan arus balik Lebaran tahun ini.
Kemenhub memprediksi pergerakan warga pada saat mudik Lebaran 2023 sebesar 47% dari penduduk Indonesia, yakni mencapai 123,8 juta orang. Angka tersebut meningkat signifikan dibandingkan jumlah pergerakan masyarakat pada mudik Lebaran 2022 yakni sebanyak 85 juta orang.
Pemicunya, karena tidak diterapkan lagi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dihentikan. Meski, Kementerian Kesehatan belum mencabut pandemi di bumi tercinta ini.

Iko Putera, CEO of Transport Traveloka
Salah satu solusi dalam kemudahan perencanaan perjalanan di tengah potensi tingginya arus mudik Lebaran adalah melalui digitalisasi. Digitalisasi penyedia layanan jasa transportasi darat seperti di Traveloka membuka akses bagi mitra transportasi ke jutaan calon konsumen potensial.
Selain itu, menurut Iko Putera, CEO of Transport Traveloka mengatakan, pihaknya juga melakukan kolaborasi dengan para Mitra PO Bus, agar memenuhi kebutuhan para pemudik yang memilih pulang kampung menggunakan transportasi umum seperti bus.
"Traveloka senantiasa menghadirkan berbagai kemudahan dan inovasi berbasis teknologi untuk mempermudah perencanaan perjalanan konsumen di samping memperkuat kolaborasi dengan para mitra transportasi," ucap Iko.
"Sebagai upaya dalam mengatasi tingginya arus mudik Lebaran 2023, Traveloka memperkuat kerja samanya dengan mitra PO Bus untuk memastikan kebutuhan pemudik terpenuhi dengan baik," sambungnya.
Kesiapan menyambut arus mudik juga sudah terlihat pada salah satu mitra PO Bus, PO Sembodo yang mencatat kenaikan transaksi pada periode libur Lebaran. Pihaknya senantiasa melakukan penambahan armadanya sebanyak tiga unit dengan top rute Jakarta - Padang.
"Menjadi mitra Traveloka membantu operasional bisnis kami. Kemudahan dan teknologi yang dimiliki dapat menghubungkan layanan kami ke jutaan pelanggan di berbagai daerah di Indonesia, serta membantu memudahkan pemesanan tiket untuk melakukan mudik Lebaran," ujar Bambang Hadi Winarto, Pimpinan PO Sembodo.
"Menjelang libur Lebaran tahun ini, kami mencatat peningkatan transaksi hingga 2 kali lipat dengan rute terbanyak Jakarta - Padang, Jakarta - Solok, Padang - Jakarta, Jakarta - Bukittinggi, Jakarta - Pariaman. Sebagai transportasi yang selalu mengutamakan kenyamanan dan memberikan layanan terbaik bagi konsumen, kami berharap kolaborasi semacam ini terus berlanjut," harapnya.
Selama periode Ramadan 2023, Traveloka menghadirkan serangkaian kampanye #RAYAkanYourWay untuk pemesanan tiket transportasi pesawat terbang, kereta api, bus, maupun akomodasi serta atraksi hiburan, dilengkapi dengan fitur PayLater.
Dengan periode pemesanan hingga 1 Mei 2023, kamu dapat mengeksplorasi berbagai cara dan beragam promosi dalam merayakan libur Lebaran. Mulai dari persiapan mudik hingga perjalanan liburan domestik maupun internasional.
"Kemitraan dengan hampir 400 PO Bus & Shuttle yang melayani lebih dari 2.000 rute di Indonesia, memungkinkan konsumen untuk dapat memiliki fleksibilitas dalam merencanakan perjalanan, memilih jadwal sesuai dengan kebutuhan, melakukan pemesanan dan kemudian pergi dengan nyaman dan tenang karena semua dapat dilakukan dalam satu platform digital saja," pungkas Iko.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
(FIR)
Mendekati libur Lebaran, terdapat kenaikan permintaan pada moda transportasi Bus sebesar 65% dibandingkan dengan periode libur Lebaran tahun lalu. Selain Bus, moda transportasi darat lainnya seperti Kereta Api, Shuttle dan Mobil Pribadi juga menjadi favorit pilihan konsumen untuk melakukan perjalanan di momentum Hari Raya Lebaran.
Peningkatan permintaan pada lini bisnis transportasi darat yang dicatat Traveloka tersebut sesuai dengan hasil survei Badan Kebijakan Transportasi Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Berdasarkan survei tersebut, perjalanan melalui moda darat berkontribusi 75% dari total seluruh perjalanan pada musim mudik dan arus balik Lebaran tahun ini.
Kemenhub memprediksi pergerakan warga pada saat mudik Lebaran 2023 sebesar 47% dari penduduk Indonesia, yakni mencapai 123,8 juta orang. Angka tersebut meningkat signifikan dibandingkan jumlah pergerakan masyarakat pada mudik Lebaran 2022 yakni sebanyak 85 juta orang.
Pemicunya, karena tidak diterapkan lagi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dihentikan. Meski, Kementerian Kesehatan belum mencabut pandemi di bumi tercinta ini.

Iko Putera, CEO of Transport Traveloka
Salah satu solusi dalam kemudahan perencanaan perjalanan di tengah potensi tingginya arus mudik Lebaran adalah melalui digitalisasi. Digitalisasi penyedia layanan jasa transportasi darat seperti di Traveloka membuka akses bagi mitra transportasi ke jutaan calon konsumen potensial.
Selain itu, menurut Iko Putera, CEO of Transport Traveloka mengatakan, pihaknya juga melakukan kolaborasi dengan para Mitra PO Bus, agar memenuhi kebutuhan para pemudik yang memilih pulang kampung menggunakan transportasi umum seperti bus.
"Traveloka senantiasa menghadirkan berbagai kemudahan dan inovasi berbasis teknologi untuk mempermudah perencanaan perjalanan konsumen di samping memperkuat kolaborasi dengan para mitra transportasi," ucap Iko.
"Sebagai upaya dalam mengatasi tingginya arus mudik Lebaran 2023, Traveloka memperkuat kerja samanya dengan mitra PO Bus untuk memastikan kebutuhan pemudik terpenuhi dengan baik," sambungnya.
Kesiapan menyambut arus mudik juga sudah terlihat pada salah satu mitra PO Bus, PO Sembodo yang mencatat kenaikan transaksi pada periode libur Lebaran. Pihaknya senantiasa melakukan penambahan armadanya sebanyak tiga unit dengan top rute Jakarta - Padang.
"Menjadi mitra Traveloka membantu operasional bisnis kami. Kemudahan dan teknologi yang dimiliki dapat menghubungkan layanan kami ke jutaan pelanggan di berbagai daerah di Indonesia, serta membantu memudahkan pemesanan tiket untuk melakukan mudik Lebaran," ujar Bambang Hadi Winarto, Pimpinan PO Sembodo.
"Menjelang libur Lebaran tahun ini, kami mencatat peningkatan transaksi hingga 2 kali lipat dengan rute terbanyak Jakarta - Padang, Jakarta - Solok, Padang - Jakarta, Jakarta - Bukittinggi, Jakarta - Pariaman. Sebagai transportasi yang selalu mengutamakan kenyamanan dan memberikan layanan terbaik bagi konsumen, kami berharap kolaborasi semacam ini terus berlanjut," harapnya.
Selama periode Ramadan 2023, Traveloka menghadirkan serangkaian kampanye #RAYAkanYourWay untuk pemesanan tiket transportasi pesawat terbang, kereta api, bus, maupun akomodasi serta atraksi hiburan, dilengkapi dengan fitur PayLater.
Dengan periode pemesanan hingga 1 Mei 2023, kamu dapat mengeksplorasi berbagai cara dan beragam promosi dalam merayakan libur Lebaran. Mulai dari persiapan mudik hingga perjalanan liburan domestik maupun internasional.
"Kemitraan dengan hampir 400 PO Bus & Shuttle yang melayani lebih dari 2.000 rute di Indonesia, memungkinkan konsumen untuk dapat memiliki fleksibilitas dalam merencanakan perjalanan, memilih jadwal sesuai dengan kebutuhan, melakukan pemesanan dan kemudian pergi dengan nyaman dan tenang karena semua dapat dilakukan dalam satu platform digital saja," pungkas Iko.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(FIR)