KULINER

Enggak Boleh Dilewatkan, Ini 5 Buah yang Baik Dikonsumsi saat Puasa

Raka Lestari
Sabtu 09 April 2022 / 17:15
Jakarta: Buah-buahan mengandung banyak vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh. Buah bisa dikonsumsi kapan saja, termasuk ketika bulan puasa.

Ketika memilih buah saat berpuasa, usahakan untuk memilih buah yang mengandung banyak air. Dikutip dari Pulse, berikut ini adalah beberapa buah-buahan yang baik dikonsumsi selama berpuasa:
 

1. Semangka


Semangka adalah buah yang umum dijumpai dan banyak dijual di mana-mana. Semangka bersama buah-buahan sejenis lainnya seperti melon juga sangat baik untuk orang yang berpuasa.

Semangka dan melon merupakan sumber serat yang bagus dan mengandung banyak air untuk menggantikan cairan yang hilang selama puasa hari itu. Semangka dapat disajikan dengan memotongnya seperti biasa atau dibuat menjadi smoothie yang murni dan lezat.
 

2. Mentimun


Mentimun adalah salah satu sayuran yang bisa menghidrasi tubuh dengan baik. Mentimun terdiri dari air dan serat yang dapat membantu melancarkan pencernaan.

Timun adalah buah yang bebas kolestrol dan lemak jenuh dengan kandungan vitamin K, B6 dan zat besi. Mentimun dapat disajikan dalam irisan biasa saat berbuka atau dapat ditambahkan ke salad. Atau bisa juga dijadikan sebagai smoothies lezat.
 

3. Pisang


Pisang kaya potasium dan mengandung kadar protein dan serat makanan yang baik. Potassium penting dalam mempertahankan kadar cairan dalam tubuh dan mengatur pergerakan nutrisi dan kotoran yang masuk dan keluar dari sel. Pisang juga merupakan sumber energi yang baik, membantu mengurangi stres, memperbaiki mood dan menyembuhkan bisul dan sakit perut.
 

4. Kurma


Kurma adalah buah yang sangat identik dengan ramadan, sehingga banyak ditemui ketika bulan ramadan tiba. Kurma merupakan sumber vitamin, mineral, energi, gula, dan serat yang baik.

Disarankan juga untuk mengonsumsinya ketika sahur karena meskipun ukurannya kecil, kurma bisa membuatmu kenyang lebih lama. Selain itu, Kurma juga baik untuk perlindungan terhadap penyakit jantung.
 

5. Pepaya


Mengonsumsi pepaya selama puasa baik untuk kesehatan tubuh karena pepaya kaya serat, rendah kalori, memiliki kadar gula lebih sedikit, memperbaiki pencernaan, dan sangat baik untuk rambut dan kulitmu. Potong-potong pepaya menjadi ukuran yang lebih kecil, masukkan dalam lemari es dan kemudian bisa dijadikan camilan ketika waktu berbuka atau sahur.
(FIR)

MOST SEARCH