KULINER

Romantisasi Cita Rasa melalui Musik dan Makanan

Yuni Yuli Yanti
Rabu 25 September 2024 / 09:00
Jakarta: Makanan dan musik adalah dua elemen yang memiliki banyak kesamaan dan saling memengaruhi satu sama lain. Keduanya sama-sama tidak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. 

Pasalnya, musik dan makanan dapat menghadirkan makna emosional, memicu kreativitas, sekaligus menghangatkan suasana.

Atas dasar hal itu, GoFood sebagai layanan pesan-antar makanan online dari Gojek berkolaborasi dengan grup musik papan atas tanah air Maliq & D’Essentials, ingin memberikan pengalaman kuliner yang menyenangkan.

Kolaborasi unik ini meromantisasi cita rasa yang disajikan dalam berbagai inisiatif seperti: remake lagu hits Maliq & D’Essentials berjudul ‘Aduh’, kurasi menu favorit personil Maliq & D’Essentials di aplikasi GoFood, giveaways, konten colab di media sosial hingga mini konser Maliq & D’Essentials x GoFood.

"Lewat kolaborasi ini, kami ingin mengajak pelanggan dan fans Maliq & D’Essentials mengeksplorasi cita rasa lewat jutaan ragam kuliner favorit di GoFood. Karena sama seperti GoFood, kami melihat Maliq & D’Essentials juga memiliki semangat yang sama, yaitu inovatif dan adaptif terhadap selera konsumen," ujar Ignatius Satrio, Head of Marketing Food & Ads Gojek dalam konferensi pers, Selasa (24/9/2024), di Taman Literasi Blok M, Jakarta.  

Sementara itu, Angga Puradiredja, vokalis Maliq & D'Essentials mengungkapkan makanan memiliki peran yang sangat besar dalam 22 tahun perjalanan Maliq & D'Essentials di dunia musik. 

"Tiap latihan atau cari inspirasi musik, pasti kami maunya sambil ngunyah. Sejak ada GoFood, selera kuliner kami yang berbeda-beda bukan lagi masalah karena jadi mudah mau pesan menu apa pun. Jadi, perut yang kenyang, hati yang happy, dan
suasana penuh canda di studio bikin kami semakin produktif dalam berkarya. Makanya, pas tim GoFood mengajak kolaborasi, enggak pakai mikir dua kali kita langsung iyain!" ungkap Angga dalam kesempatan yang sama. 
 

Hubungan genre musik dan preferensi makanan

Berdasarkan hasil penelitian berjudul ‘The Neural Correlates of Food Preference among Music Kinds (Jing et al., 2024)’, mengungkapkan bagaimana musik menjadi salah satu komponen kunci yang memengaruhi preferensi makan seseorang.

Dari empat kategori musik, seseorang yang mendengarkan musik klasik dan hip hop lebih memilih kuliner bercita rasa manis. Sedangkan, seseorang yang mendengarkan musik rock lebih memilih kuliner bercita rasa asin. 

Uniknya, seseorang yang mendengarkan musik jazz menyukai kuliner yang tidak terlalu asin dan dapat merasakan kenikmatan emosional yang lebih tinggi saat makan.

Kolaborasi GoFood dan Maliq & D’Essentials, me-remake lagu hits Maliq & D’Essentials berjudul 'Aduh' menjadi 'Waduh' dengan mengubah lirik yang kalimatnya didominasi dengan nama-nama makanan khas Indonesia. 

Berikut adalah penggalan liriknya: "Surga itu Baso, surga itu Soto, surga itu Nasgor. Surga itu makan, demi anak suka jajan. Sumpah mati aku mau semua tinggal GoFood."

Menurut Satrio, kampanye #GoFoodSurgaMakanan dengan Maliq & D’Essentials ini bertujuan untuk memastikan setiap momen bersantap menjadi lebih istimewa bersama GoFood. 

"Apa pun makanannya, seperti apa pun seleranya, sama siapa pun menikmatinya, kapan pun makannya sampai berapapun budgetnya, GoFood selalu jadi andalan," tutupnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News

(yyy)

MOST SEARCH