KULINER

Trik agar Apel Tetap Segar Setelah Dikupas

Sandra Odilifia
Kamis 22 Oktober 2020 / 13:29
Jakarta: Apel adalah buah yang memiliki banyak manfaat kesehatan dan mudah didapatkan. Namun sayangnya, setelah dikupas buah ini harus segera dimakan, karena jika tidak warnanya akan berubah jadi kecoklatan atau menghitam.

Perubahan warna itu tentu membuat apel menjadi tidak menarik dan menurunkan selera kamu untuk memakannya. Tapi tidak usah khawatir, seperti dalam akun resmi Instagram Nick Molodysky @masak2dengannick, Nick membagikan cara sederhana agar apel tidak berubah warna dan tetap segar.

Caranya, cukup dengan larutan air dan garam. Kemudian masukkan potongan apel selama satu menit atau lebih tergantung banyaknya apel.

"Pertama, perlu air lalu kasih garam dan larutin. Rendam apelnya selama satu menit," ujar Nick, selebgram 'bule' yang hobi review makanan Indonesia.



(Ini dia rahasia apel yang tetap segar setelah dikupas. Anticoklat dan antihitam, apel tetap cantik. Video: Dok. Instagram Nick Molodysky/@masak2dengannick)


Nick juga mengingatkan untuk tidak merendam apel terlalu lama, agar rasanya tidak berubah menjadi asin. Maka, setelah direndam beberapa menit, segera angkat dan tiriskan ya!

Beberapa netizen pun ikut mengomentari postingan Nick, "dan rasa manisnya lebih keluar setelah direndam air garam itu, rasanya lebih mantab," ujar akun Instagram @ydcyc.

Ada komentar lain yang juga penasaran pada Nick, "Kenapa enggak pakai air lemon saja?" Nick pun menjawab, "Boleh juga, tapi aku prefer pakai garam, selalu ada di rumah soalnya."

Perlu kamu ketahui, selain menggunakan air garam, kamu juga bisa mencegah perubahan warna pada apel dengan merendamnya di air asam, seperti menggunakan jeruk nipis, lemon ataupun cuka.
(TIN)

MOST SEARCH