KULINER
Ketika Budaya Minangkabau Dituangkan dalam Kopi Melalui 'Anak Daro'
Aulia Putriningtias
Sabtu 01 November 2025 / 12:10
Jakarta: Salah satu jenama lokal kopi, Roemah Koffie, baru saja meluncurkan produk terbarunya, Anak Daro. Produk kopi satu ini memiliki filosofi dari cerita Minangkabau.
Dikenalkan secara langsung pada Jakarta Coffee Week, Anak Daro membawa kesan yang menarik dengan sentuhan budaya Indonesia. Begini cara brand ini memadukan cerita Minangkabau dengan kopi.
CEO Roemah Koffie, Felix Tj, mengatakan bahwa asal muasal kopi ini berasal dari tanah vulkanik Kerinci, Jambi. Wilayah tersebut sarat dengan pengaruh budaya Minangkabau, yang menjadikan perpaduan Anak Daro lahir.
Nama Anak Daro sendiri bukan sebut panggilan semata. Anak Daro di dalam budaya Minangkabau adalah sebutan pengantin perempuan, simbol dimulainya perjalanan hidup baru penuh kesadaran dan tanggung jawab.
"Anak Daro itu cerita tentang awal dari lembaran baru untuk perempuan, karena mereka sangat mendambakan nilai dan cita-cita yang mendalam. Mereka adalah penyalur garis keturunan lewat wanita (matrilineal). Jadi, saya berpikir memang ada benarnya," jelas Felix dalam peluncuran produk Anak Daro di Jacoweek, Tangerang Selatan, Jumat, 31 Oktober 2025.
Seperti artinya, varian satu ini unggul dalam karakter lembut dan cerah layaknya perempuan. Rasanya pun unik nan berlapis, dengan lapisan taste notes mangga, stroberi, dan juga cokelat manis alami.
Visual kemasannya pun juga menggambarkan sepasang pengantin menaiki tangga menuju buku terbuka dengan latar Gunung Kerinci dan suntiang emas Minangkabau. Ini melambangkan kebanggaan dan keteguhan perempuan Indonesia.
Kemajuan barista di Indonesia memang tak perlu diragukan! Begitu juga yang ingin unjuk diri pada Latte Art Competition Vol. II dari Roemah Koffie Academy. Sebanyak 64 barista terbaik dari Indonesia, Brunei, dan Singapura untuk beradu presisi dan karakter dalam seni latte art.
Ditambah, hadirnya kolaborasi menarik dengan PT. Pos Indonesia, yang menghadirkan edisi terbatas prangko antara Pos Indonesia dan Roemah Koffie. Prangko ini hanya tersedia 300 buah saja.
Selain itu, ada berbagai promo menarik yang dapat kamu temukan di Roemah Koffie ini. Sobat Medcom, bagi yang penasaran, bisa mengunjungi booth Roemab Koffie yang imersif dan interaktif bak miniatur pelaminan di Hall 3A ICE BSD, ya!
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id
(FIR)
Dikenalkan secara langsung pada Jakarta Coffee Week, Anak Daro membawa kesan yang menarik dengan sentuhan budaya Indonesia. Begini cara brand ini memadukan cerita Minangkabau dengan kopi.
CEO Roemah Koffie, Felix Tj, mengatakan bahwa asal muasal kopi ini berasal dari tanah vulkanik Kerinci, Jambi. Wilayah tersebut sarat dengan pengaruh budaya Minangkabau, yang menjadikan perpaduan Anak Daro lahir.
Nama Anak Daro sendiri bukan sebut panggilan semata. Anak Daro di dalam budaya Minangkabau adalah sebutan pengantin perempuan, simbol dimulainya perjalanan hidup baru penuh kesadaran dan tanggung jawab.
"Anak Daro itu cerita tentang awal dari lembaran baru untuk perempuan, karena mereka sangat mendambakan nilai dan cita-cita yang mendalam. Mereka adalah penyalur garis keturunan lewat wanita (matrilineal). Jadi, saya berpikir memang ada benarnya," jelas Felix dalam peluncuran produk Anak Daro di Jacoweek, Tangerang Selatan, Jumat, 31 Oktober 2025.
Seperti artinya, varian satu ini unggul dalam karakter lembut dan cerah layaknya perempuan. Rasanya pun unik nan berlapis, dengan lapisan taste notes mangga, stroberi, dan juga cokelat manis alami.
Visual kemasannya pun juga menggambarkan sepasang pengantin menaiki tangga menuju buku terbuka dengan latar Gunung Kerinci dan suntiang emas Minangkabau. Ini melambangkan kebanggaan dan keteguhan perempuan Indonesia.
Hadirkan kompetisi dan prangko kolaborasi terbatas
Kemajuan barista di Indonesia memang tak perlu diragukan! Begitu juga yang ingin unjuk diri pada Latte Art Competition Vol. II dari Roemah Koffie Academy. Sebanyak 64 barista terbaik dari Indonesia, Brunei, dan Singapura untuk beradu presisi dan karakter dalam seni latte art.
Ditambah, hadirnya kolaborasi menarik dengan PT. Pos Indonesia, yang menghadirkan edisi terbatas prangko antara Pos Indonesia dan Roemah Koffie. Prangko ini hanya tersedia 300 buah saja.
Selain itu, ada berbagai promo menarik yang dapat kamu temukan di Roemah Koffie ini. Sobat Medcom, bagi yang penasaran, bisa mengunjungi booth Roemab Koffie yang imersif dan interaktif bak miniatur pelaminan di Hall 3A ICE BSD, ya!
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id
(FIR)