KULINER

5 Jenis Bumbu yang Bisa Dijadikan Alternatif Pengganti Garam

Raka Lestari
Selasa 05 April 2022 / 07:00
Jakarta: Garam merupakan salah satu bumbu masakan yang paling penting untuk membuat rasa makanan jadi lebih nikmat. Bahkan, tak sedikit orang yang mengaku tidak bisa menikmati makanan jika tidak ada rasa asin di dalamnya. 

Namun, mengonsumsi garam berlebihan bisa sangat berbahaya bagi kesehatan, salah satunya dapat menyebabkan tekanan darah tinggi. Nah, supaya kamu enggak kebablasan dalam mengonsumsi garam, ternyata ada beberapa jenis makanan yang bisa kamu jadikan alternatif pengganti garam lho!

Melansir dari Womens Health Magazine, ada lima sumber makanan yang bisa kamu pilih untuk menggantikan garam, di antaranya:

 

Bawang putih

Menurut ahli gizi, Patricia Bannan, RDN, bawang putih yang sering ditemukan dalam masakan Italia ini bisa dijadikan alternatif pengganti garam yang lebih aman. 

"Kamu bisa memasukkan bawang putih lebih banyak dalam suatu masakan. Bawang putih juga dianggap memiliki manfaat untuk kesehatan, kekebalan tubuh, menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan kadar kolesterol,” jelas Bannan.


(Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

 

Paprika bubuk 

Paprika tidak hanya memberikan warna cerah pada masakan, tetapi juga bisa menjadi alternatif lain pengganti garam. Paprika sering kali digunakan dalam banyak resep, seperti semur, daging, ikan, atau ayam panggang. 

“Terbuat dari paprika yang dikeringkan, paprika bubuk juga bisa menambahkan rasa pada masakan dan aroma smoky pada hidanganmu,” tutur Bannan. 


(Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

 

Oregano 

Bannan mengatakan bumbu dengan aroma khas ini biasa digunakan dalam masakan Italia dan Yunani. Oregano bisa menambah rasa masakan menjadi lebih lezat. Oleh karena itu, oregano biasa ditambahkan pada berbagai masakan seperti pizza, ayam, dan ikan. 

“Oregano bisa digunakan dalam keadaan segar atau kering, namun oregano kering lebih sedikit kandungan natriumnya,” katanya. 


(Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

 

Basil 

Bukan cuma menjadi hiasan dalam masakan atau minuman, basil juga bisa dijadikan sebagai pengganti garam. Basil memiliki rasa dan aroma yang luar biasa yang dapat membuat makanan menjadi berbeda. 

“Basil juga dikemas dengan vitamin K, A, C, dan E, dan dikenal karena sifat antioksidan, anti-inflamasi, dan antibakteri,” ujar ahli diet terdaftar, Gena Hamshaw, RD.


(Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

 

Air lemon 

"Sifat kimianya yang unik memungkinkan air lemon mencerahkan warna sayuran bila ditambahkan ke hidangan,” ujar Hamshaw. Air lemon dikemas dengan vitamin C yang berperan aktif dalam kekebalan, elastisitas kulit, penyerapan zat besi, dan pencegahan penyakit jantung. Hamshaw menyarankan untuk menambahkan buah berwarna kuning ini ke dalam tumisan, saus tomat, atau memerasnya ke ayam, ikan, dan sayuran.
(yyy)

MOST SEARCH