KULINER

5 Cara Menghangatkan Kembali Telur sesuai Jenis Hidangannya

Sunnaholomi Halakrispen
Rabu 14 Oktober 2020 / 13:57
Jakarta: Telur yang telah dimasak kemudian tersisa, mungkin akan kamu masak kembali untuk dimakan pada waktu selanjutnya. Tidak ada larangan untuk hal ini, namun ada sejumlah tips yang perlu kamu terapkan ketika hendak menghangatkan telur.

Berikut beberapa tips untuk menghangatkan kembali beberapa jenis hidangan telur yang umum ke suhu yang sesuai, dikutip dari Healthline:
 

1. Telur orak-arik


Metode tercepat untuk memanaskan kembali telur orak-arik adalah dalam piring tahan microwave. Masak dengan kecepatan tinggi selama interval 20-30 detik, aduk semua sisi hingga panasnya merata.
 

2. Omelet dan quiches


Panaskan kembali hidangan telur dalam oven untuk hasil terbaik. Dengan menggunakan wajan tahan oven, panaskan pada suhu 176 derajat celcius selama 15-20 menit, atau 25-30 menit jika beku.
 

3. Telur kukus


Ini tidak boleh menggunakan microwave, karena risiko ledakan kuning telur. Sebagai gantinya, rebus air dan tuangkan di atas telur kukus di piring tahan panas, hingga terendam. Biarkan selama 10 menit agar telur bisa kembali panas.
 

4. Telur goreng


Letakkan telur goreng di atas wajan dengan sedikit mentega atau minyak. Kamu tidak perlu membaliknya selama kamu membiarkannya memanas di satu sisi selama 2-5 menit.
 

5. Telur rebus


Didihkan panci berisi air dan masukkan telur rebus ke dalamnya selama 1-2 menit untuk dipanaskan kembali, sebelum diangkat dengan hati-hati. Kemudian, perhatikan telur menghadap ke atas.

Ini harus diletakkan di atas panci yang telah dipanaskan sebelumnya selama 30 detik. Panaskan telur di dalam microwave selama 30 detik, lalu diamkan selama 1 menit agar kuning telur tidak meledak.

Telur yang dimasak dan hidangan telur dapat dikonsumsi dengan aman sebagai sisa makanan. Syaratnya, jika pada awalnya telur dimasak dengan matang, disimpan dengan benar, serta dipanaskan kembali ke suhu yang memadai untuk membunuh kuman dan mencegah penyakit bawaan makanan.

Metode pemanasan ulang yang berbeda bekerja paling baik untuk jenis telur matang dan hidangan telur tertentu. Ini termasuk microwave, merebus, menggoreng, atau memanggang untuk memanaskan kembali suhu internal setidaknya 74 derajat celcius sebelum dimakan.

Meskipun tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa memanaskan kembali hidangan telur yang dimasak memengaruhi kandungan nutrisinya, sisa telur mungkin mengalami sedikit perubahan pada tekstur. Demikian juga pada rasanya.
(FIR)

MOST SEARCH