KULINER
#FoodFestOnTikTok Ajak Masyarakat Eksplorasi Makanan Nusantara
Aulia Putriningtias
Rabu 22 Mei 2024 / 21:12
Jakarta: TikTok Indonesia mengadakan kampanye untuk mengeksplorasi makanan Nusantara, dari jajanan kaki lima hingga rekomendasi restoran. Kampanye #FoodFestOnTikTok ini mengajak para kuliner enthusiast dalam misi mencicipi banyak makanan.
Setiap hari, komunitas dan kreator pencinta kuliner berbagi cerita, ide, dan inspirasi tentang masakan lokal secara kreatif di TikTok. Dari mulai jajanan hidden gem hingga tutorial memasak, masyarakat dapat menjelajahi konten kuliner dari seluruh Indonesia lewat laman 'Untuk Anda' (FYP).
Banyak usaha kuliner lokal, termasuk UMKM, yang juga ikut ditemukan berkat interaksi aktif yang terjalin antara kreator dan pengguna di dalam aplikasi ini. TikTok Indonesia pun ingin merayakan keseruan kulineran bersama.
"Kampanye #FoodFestOnTikTok menjadi cara kami untuk merayakan kuliner nusantara yang kaya bersama komunitas TikTok di Indonesia," kata Faris Mufid, Public Policy and Government Relations, TikTok Indonesia, Rabu, 22 Mei 2024.
Salah satu influencer TikTok, Dea&OmKim juga merasakan dampak dari penyebaran rekomendasi kuliner melalui aplikasi ini. Mereka mengatakan TikTok membuat penyampaian soal kuliner lebih menarik.
"TikTok membantu kami untuk tidak hanya menjangkau lebih banyak masyarakat dan memperkenalkan kuliner Indonesia, tapi juga mempromosikan tradisi kuliner dengan cara yang kreatif dan menarik," jelas Dea, yang menjadi salah satu finalis "Best of Foodie" di TikTok Awards Indonesia 2023.
Kampanye #FoodFestOnTikTok ingin mendorong komunitas TikTok dan masyarakat Indonesia untuk tidak hanya mengonsumsi konten saja. Namun, juga aktif berpartisipasi dalam mempromosikan kuliner Indonesia melalui serangkaian kegiatan seru.
Adapun target yang ingin dituju oleh TikTok Indonesia dalam melakukan kampanye ini, yaitu:

(Kampanye #FoodFestOnTikTok. Foto: Dok. Medcom.id/Aulia Putriningtias)
Para pengguna diajak untuk aktif berpartisipasi dalam mempromosikan lanskap kuliner Indonesia yang beragam, melalui tantangan tagar #FoodFestOnTikTok. Masyarakat cukup mengunggah video 60 detik yang berhubungan dengan berbagi kreasi kuliner.
Jangan khawatir, ada hadiahnya! Tiga kreator dengan konten kuliner paling kreatif berkesempatan memenangkan total hadiah sebesar Rp7,5 juta. Periode tantangan ini berlangsung dari 6 Mei-6 Juni 2024.
Pengguna dapat menemukan rekomendasi kuliner nusantara, kreator kuliner dari berbagai kota di Indonesia. Tak hanya itu, restoran yang paling banyak disukai para pengguna di TikTok juga dapat ditemukan!
Untuk mengakses laman #FoodFestOnTikTok Hub, pengguna cukup melakukan pencarian dengan kata kunci 'Food Fest on TikTok' atau 'Serunya Kuliner'.
Sejalan dengan kampanye ini, TikTok Indonesia mengajak masyarakat, terkhususnya pengguna aplikasi ini untuk mencicipi kuliner Nusantara. Maka dari itu, mereka akan mengadakan festival kuliner bertajuk #FoodFestOnTikTok yang akan berlangsung selama 25-26 Mei 2024 di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat.
Didukung oleh Pemprov DKI Jakarta, dengan tema "Rasa Nusantara" akan membawa kekayaan kuliner lokal yang biasa menyapa para pengguna di laman 'Untuk Anda' agar dapat dicicipi langsung oleh para penikmat kuliner yang hadir. Nikmati kuliner lokal sajian lebih dari 80 pelaku usaha kuliner dengan lebih dari 20 experience zone, serta penampilan musik.
Pemerintah Provinsi Jakarta (Pemprov) juga mendukung kegiatan ini. Nantinya, mereka akan membawa 30 UMKM binaannya untuk unjuk diri dalam memberikan banyak eksplorasi kuliner di acara ini.
"Kami harap festival kuliner dari TikTok ini dapat menjadi wadah untuk mempertemukan para kreator makanan, usaha kuliner lokal dan UMKM bersama komunitas TikTok agar bisa saling terhubung dan berkreasi secara tatap muka," tutup Faris.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
(TIN)
Setiap hari, komunitas dan kreator pencinta kuliner berbagi cerita, ide, dan inspirasi tentang masakan lokal secara kreatif di TikTok. Dari mulai jajanan hidden gem hingga tutorial memasak, masyarakat dapat menjelajahi konten kuliner dari seluruh Indonesia lewat laman 'Untuk Anda' (FYP).
Banyak usaha kuliner lokal, termasuk UMKM, yang juga ikut ditemukan berkat interaksi aktif yang terjalin antara kreator dan pengguna di dalam aplikasi ini. TikTok Indonesia pun ingin merayakan keseruan kulineran bersama.
"Kampanye #FoodFestOnTikTok menjadi cara kami untuk merayakan kuliner nusantara yang kaya bersama komunitas TikTok di Indonesia," kata Faris Mufid, Public Policy and Government Relations, TikTok Indonesia, Rabu, 22 Mei 2024.
Salah satu influencer TikTok, Dea&OmKim juga merasakan dampak dari penyebaran rekomendasi kuliner melalui aplikasi ini. Mereka mengatakan TikTok membuat penyampaian soal kuliner lebih menarik.
"TikTok membantu kami untuk tidak hanya menjangkau lebih banyak masyarakat dan memperkenalkan kuliner Indonesia, tapi juga mempromosikan tradisi kuliner dengan cara yang kreatif dan menarik," jelas Dea, yang menjadi salah satu finalis "Best of Foodie" di TikTok Awards Indonesia 2023.
Kampanye #FoodFestOnTikTok ingin mendorong komunitas TikTok dan masyarakat Indonesia untuk tidak hanya mengonsumsi konten saja. Namun, juga aktif berpartisipasi dalam mempromosikan kuliner Indonesia melalui serangkaian kegiatan seru.
Adapun target yang ingin dituju oleh TikTok Indonesia dalam melakukan kampanye ini, yaitu:
1. Berbagi kreasi kuliner melalui konten kreatif

(Kampanye #FoodFestOnTikTok. Foto: Dok. Medcom.id/Aulia Putriningtias)
Para pengguna diajak untuk aktif berpartisipasi dalam mempromosikan lanskap kuliner Indonesia yang beragam, melalui tantangan tagar #FoodFestOnTikTok. Masyarakat cukup mengunggah video 60 detik yang berhubungan dengan berbagi kreasi kuliner.
Jangan khawatir, ada hadiahnya! Tiga kreator dengan konten kuliner paling kreatif berkesempatan memenangkan total hadiah sebesar Rp7,5 juta. Periode tantangan ini berlangsung dari 6 Mei-6 Juni 2024.
2. Kompilasi rekomendasi kuliner autentik
Pengguna dapat menemukan rekomendasi kuliner nusantara, kreator kuliner dari berbagai kota di Indonesia. Tak hanya itu, restoran yang paling banyak disukai para pengguna di TikTok juga dapat ditemukan!
Untuk mengakses laman #FoodFestOnTikTok Hub, pengguna cukup melakukan pencarian dengan kata kunci 'Food Fest on TikTok' atau 'Serunya Kuliner'.
3. Mencicipi kuliner Nusantara
Sejalan dengan kampanye ini, TikTok Indonesia mengajak masyarakat, terkhususnya pengguna aplikasi ini untuk mencicipi kuliner Nusantara. Maka dari itu, mereka akan mengadakan festival kuliner bertajuk #FoodFestOnTikTok yang akan berlangsung selama 25-26 Mei 2024 di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat.
Didukung oleh Pemprov DKI Jakarta, dengan tema "Rasa Nusantara" akan membawa kekayaan kuliner lokal yang biasa menyapa para pengguna di laman 'Untuk Anda' agar dapat dicicipi langsung oleh para penikmat kuliner yang hadir. Nikmati kuliner lokal sajian lebih dari 80 pelaku usaha kuliner dengan lebih dari 20 experience zone, serta penampilan musik.
Pemerintah Provinsi Jakarta (Pemprov) juga mendukung kegiatan ini. Nantinya, mereka akan membawa 30 UMKM binaannya untuk unjuk diri dalam memberikan banyak eksplorasi kuliner di acara ini.
"Kami harap festival kuliner dari TikTok ini dapat menjadi wadah untuk mempertemukan para kreator makanan, usaha kuliner lokal dan UMKM bersama komunitas TikTok agar bisa saling terhubung dan berkreasi secara tatap muka," tutup Faris.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(TIN)