KULINER

Resep Membuat Brownies dari Ubi

Raka Lestari
Jumat 29 April 2022 / 13:59
Jakarta: Biasanya ubi hanya digoreng, dikukus, atau bahkan direbus begitu saja. Namun dengan sedikit kreasi, kamu bisa membuat brownies dari bahan dasar ubi. 

Selain rasanya yang lezat, ubi juga merupakan bahan yang mudah ditemukan dan juga memiliki kandungan nutrisi yang tinggi. Ella Mills, pemilik blog makanan terkenal asal Inggris memberikan resep brownies ubi miliknya yang terkenal, dilansir dari Huffington Post:

Bahan-bahan:


- 500 gram ubi jalar (sekitar 2 buah ubi berukuran sedang).

- 12 buah kurma.

- 6 sendok makan sirup maple murni.

- 100 gram kacang almond.

- 2 sendok makan minyak kelapa yang sudah dilelehkan.

- Sedikit garam.

- 100 gram oatmeal.

- 6 sendok makan bubuk kakao mentah.
 

Bahan Icing:


- 2 sendok makan minyak kelapa

- 2 sendok makan mentega almond

- 1 sendok makan sirup maple

- 2 sendok makan bubuk kakao
 

Cara Membuat:


1. Mulailah dengan pemanasan awal memanaskan oven hingga suhu 200 derajat Celcius. Kupas ubi, kemudian potong menjadi potongan kecil dan masukkan ke dalam kukusan selama sekitar 20 menit, sampai menjadi sangat lunak.

2. Setelah mulai lunak, keluarkan ubi jalar dan masukkan ke dalam food processor dan campurkan dengan kurma sampai tercampur merata.

3. Masukkan sisa bahan ke dalam mangkuk, lalu campurkan dengan campuran ubi dan kurma sampai rata.

4. Masukkan adonan ke dalam loyang dan masak selama sekitar 45 sampai 50 menit. Kamu bisa mengeceknya dengan menusuk adonan dengan garpu. Jika pada garpu tidak ada sisa adonan yang menempel berarti adonan sudah matang. Keluarkan loyang dan biarkan hingga dingin selama sekitar 10 menit.

5. Ketika brownies sedang dipanggang, kamu bisa membuat lapisan icing. Hanya dengan memasak seluruh bahan dan aduk rata. Masukkan campuran tersebut ke dalam freezer selama 15 menit dan kemudian kulkas selama 15 menit lagi untuk membuatnya tetap keras.

6. Angkat brownies dari loyang setelah didinginkan, lalu lapisi dengan icing yang telah dibuat tadi.
(FIR)

MOST SEARCH