KULINER

Resep Cloud Bread Tanpa Oven

Mia Vale
Senin 25 April 2022 / 15:41
Jakarta: Seperti namanya, roti yang sempat viral ini memiliki tekstur yang lembut, laiknya awan di langit. Tak hanya itu cloud bread juga terasa empuk saat gigitan pertama dan seterusnya. 

Tak hanya itu, kalau kamu berpikir membuat roti ini ribet dan banyak langkah, tidak dengan cloud bread. Belum lagi cara buatnya yang dipanggang, sangat cocok untuk kamu yang sedang diet. 

Kamu bisa kok membuat roti empuk ini dengan langkah yang enggak pakai ribet. Cukup menggunakan lima bahan, roti yang tak lengket di tangan ini bisa kamu nikmati. Asyiknya roti ini bisa dibuat tanpa oven, loh! 

Tambah enggak ribet, kan? Soal resep, kamu tidak perlu khawatir, cukup ikuti langkah akun @evichou17 di TikTok, kamu bisa menikmati cemilan selembut awan. Tunggu apa lagi, coba, yuk!



(Resep cloud bread ini adalah variasi yang tanpa oven. Video: Dok. Instagram Evi Chou/@evichou17)
 

Bahan-bahan cloud bread:


3 butir telur, pisahkan putih telur dan kuningnya
2 sdm gula pasir
3 sdm tepung maizena
Ekstrak vanili secukupnya
Pewarna makanan (optional)
 

Cara membuat cloud bread:


1. Kocok putih telur dengan mixer dengan kecepatan tinggi sampai berbusa dan berwarna putih
2. Masukkan gula sambil terus kocok adonan hingga mengembang
3. Lalu, masukkan tepung maizena secara perlahan, vanili, pewarna makanan (optional) dan kocok sampai adonan kaku
4. Ambil loyang yang sudah dilapisi baking papper, lalu letakkan adonan di atas loyang secara perlahan, bentuk seperti gundukan awan
5. ?Sebelum memasukkan ke dalam panci, panaskan terlebih dahulu panci kukus. Jika uap sudah keluar, masukkan adonan roti dan panggang dengan api kecil, kurang lebih 30 menit
6. Tutup adonan roti dengan tutup panci yang terbuat dari steinless. Karena tutup dari kaca membuat panasnya tidak merata. Dan sajikan dan nikmati kelembutannya.

(TIN)

MOST SEARCH