KULINER

Makanan Favorit Presiden Indonesia, Mulai dari Soekarno Sampai Jokowi

Mia Vale
Rabu 17 Agustus 2022 / 14:32
Jakarta: Berbicara mengenai makanan, setiap orang tentu punya makanan favorit masing-masing. Tak terkecuali presiden Indonesia. Dan uniknya, makanan kegemaran mereka, semuanya merupakan makanan tradisioanal di tanah air. 

Mau tahu, apa saja makanan yang jadi pilihan orang nomor satu di Indonesia? Melansir dari berbagai sumber, yuk kita lihat makanan yang menjadi kesukaan para Presiden. Siapa tahu, ada yang sama dengan kamu.



(Tempe bacem kesukaan Presiden Soekarno. Foto: Dok. Instagram Galeri Resep Jajan/@101resepjajan)
 

1. Soekarno


Bapak Proklamator RI ini sebenarnya punya banyak makanan favorit. Enggak neko-neko, makanan yang digemari beliau, sangat merakyat dan mudah didapat. Salah satunya, tempe bacem yang menjadi menu wajib setiap hari. Selain itu, Bung Karno juga menggemari sate. Kabarnya, beliau pernah memesan 50 tusuk sate ayam usai dilantik sebagai presiden.



(Arem-arem kesukaan Presiden Soeharto. Foto: Dok. Instagram Resep enak dan mantap/@101enakkk5)
 

2. Soeharto


Bapak Pembangunan Indonesia ini sangat menyukai tiwul, semacam singkong rebus yang dimakan bersama gula aren. Kue tradisional lain yang juga disukai Soeharto adalah arem-arem. Konon Pak Harto sering membawa arem-arem sebagai bekal saat dirinya bepergian dengan pesawat terbang. 



(Ikan bakar sambal dabu-dabu khas Sulawesi favorit Presiden BJ Habibie. Foto: Dok. Instagram Ikan laut bakar Cibubur/@ikanbakar_omod)
 

3. BJ Habibie


Presiden ketiga Republik Indonesia, Bacharuddin Jusuf Habibie atau yang akrab disapa BJ Habibie, sangat gemar menikmati berbagai olahan ikan mulai dari ikan goreng, ikan bakar maupun sup ikan yang menjadi masakan khas Sulawesi. Beliau juga sangat menyukai baragam sayuran. 



(Gulai otak khas Padang kesukaan Presiden Gusdur. Foto: Dok. Instagram RM.Padang Sari Bundo/@saribundosolo)
 

4. Abdurrahman Wahid


Presiden yang akrab disapa Gus Dur, sangat  menyukai aneka kreasi kuliner khas rumah makan Padang. Favoritnya adalah gulai otak sapi gulai, gulai limpa, serta dendeng batoko. Selain makanan Padang, Gus Dur juga menyukai kuliner khas Jombang, yaitu nasi kikil dengan menu favorit lodeh kikil dan lidah sapi.



(Ikan bakar khas Bali kesukaan Presiden Megawati. Foto: Dok. Instagram Chris Low/@acumentalist)
 

5. Megawati


Putri dari Presiden Soekarno dikenal dekat dengan masyarakat Bali. Setiap berkunjung ke Pulau Dewata, Ibu Mega kerap menikmati menu favoritnya, salah satunya ikan bakar khas Gianyar. Tak hanya itu, gado-gado juga menjadi makanan favorit Bu Mega.



(Tahu Sumedang kesukaan Presiden SBY. Foto: Dok. Instagram Jangan Lupa Kuliner-Nelly/@jgnlupakuliner)
 

6. Susilo Bambang Yudhoyono


Kepala Negara yang akrab disapa SBY ini menyukai tahu sumedang dan tempe bacem yang dinikmati lengkap dengan cabai rawit.
Untuk menu makanan sehari-hari, yang menjadi favoritnya adalah pecel lele, pecel madiun, dan telur dadar. 



(Sayur bening bayam kesukaan Presiden Jokowi. Foto: Dok. Instagram Kulsum S/@jtehkulsum)
 

7. Jokowi


Joko Widodo, Presiden ketujuh Indonesia sangat menyukai berbagai menu masakan rumahan seperti sup ayam, sayur bening bayam, soto kuning, tumis pepaya muda, bakwan jagung, hingga tumis oseng tempe. Kalau pulang ke Solo, Jokowi selalu kulineran di tempat langganannya, Ayam Goreng Mbah Karto, menu yang biasa dipilih ialah ayam goreng dengan sambal blondho (sambal hitam).

(TIN)

MOST SEARCH