INTERIOR

Trik Jitu Cara Cuci Bantal agar Kembali Putih

Mia Vale
Minggu 01 Mei 2022 / 14:00
Jakarta: Keringat dan minyak alami dari tubuh terserap ke dalam bantal saat kita tidur. Inilah yang menyebabkan perubahan warna dan menarik debu dan kotoran yang memperburuk masalah. Dengan mencuci bantal, akan membuatnya tetap segar, bebas tungau debu, dan mencegah alergi. 

Meskipun dianjurkan untuk membeli bantal baru sesering mungkin, para ahli menyarankan bahwa mereka perlu dibersihkan secara teratur bahkan ketika kamu membeli yang baru. 

Mengutip pembicaraan secara eksklusif kepada Express, Nick Woodward, Director of Lettings at Essential Living, menjelaskan bahwa penting bagi bantal untuk dibersihkan secara teratur. Namun, sebelum mencucinya, label perawatannya perlu diperiksa untuk melihat apakah bantal tersebut dapat digunakan di mesin cuci atau tidak.

“Bantal putih bisa berubah warna menjadi kuning seiring waktu, oleh karena itu kamu perlu membersihkannya secara teratur untuk memberi kesegaran putih. Sebelum melakukan apa pun, periksa label di bantal untuk memastikan bantal itu bisa dicuci," imbuh Nick.

Sebagian besar bantal bulu dan bantal sintetis dapat dicuci dengan aman - dan lepaskan sarung bantal atau pelindung di bantal sebelum dicuci. Nick menyarankan warga Inggris menggunakan kombinasi khusus produk pembersih untuk menghilangkan noda "kuning" dari bantal. 


cara menghilangkan noda kuning
(Mudah kok membuat sarung bantal kembali bersih, salah satunya adlaah rendam dalam detergen dan tambahan bahan lainnya untuk hasil yang lebih maksimal. Foto: Ilustrasi/Unsplash.com)


Ia mengatakan, "Untuk mendapatkan hasil terbaik, kamu memerlukan kombinasi satu cangkir detergen bubuk, satu cangkir detergen pencuci piring bubuk, satu cangkir pemutih dan setengah cangkir boraks." 

Untuk membersihkan, bantal pertama-tama harus dibiarkan berendam dalam air panas untuk kesempatan yang lebih baik untuk menghilangkan noda yang sulit. 

Mulailah dengan merendam bantal kotor dalam air panas, karena ini akan memberi bahan pembersih kesempatan optimal untuk melarutkan noda membandel saat bantal bersuhu tinggi. Saat akan merendam bantal, didihkan panci besar berisi air di kompor.

Aduk detergen cucian, deterjen pencuci piring, dan boraks ke dalam air mendidih, dan aduk sampai bahan bubuk larut. Setelah bubuk larut ke dalam air, tuangkan air ke mesin cuci, lalu tambahkan pemutih. Saat bantal dibiarkan dalam larutan, bantal harus dibalik di tengah jalan untuk memastikan seluruh bantal "jenuh". 

Biarkan bantal terendam dalam larutan setidaknya selama 30 menit, sambil membalik bantal berkisar setengah waktu perendaman untuk memastikan bahwa mereka meresap dalam rendaman produk di kedua sisi. Setelah benar-benar basah, jalankan bantal melalui siklus penuh di mesin cuci berkisar 60 derajat.

Untuk mengeringkannya, kamu dapat memasukkannya ke dalam pengering dengan pengaturan 'bulu' atau 'rambut'. “Bantal sintetis bisa dikeringkan dengan panas yang kecil. “Kiat teratas di sini adalah menambahkan beberapa bola tenis atau bola pengering wol ke pengering untuk membantu mengembang bantal saat mengering.”

(TIN)

MOST SEARCH