INTERIOR

5 Tanaman yang Mudah Dirawat di Rumah

Raka Lestari
Rabu 29 Desember 2021 / 16:10
Jakarta: Mengisi rumah dengan tanaman bisa menjadi salah satu cara agar rumah terlihat lebih sejuk dan nyaman. Namun sayangnya, tanaman memerlukan perawatan yang mungkin bagi beberapa orang tidak mudah. Sehingga niat untuk memiliki tanaman di rumah pun tidak dapat dilakukan.

Akan tetapi, bagi kamu yang tidak suka dengan tanaman yang membutuhkan perawatan rumit maka bisa memilih jenis tanaman seperti berikut ini:
 

1. Lidah mertua


Tanaman lidah mertua (Dracaena trifasciata) adalah jenis sukulen. Artinya mereka tumbuh subur dalam kondisi kering dan tidak subur.

Tanaman ini membuat mereka menjadi pilihan tanaman dengan perawatan yang sangat mudah. Puneet Sabharwal, CEO layanan berlangganan tanaman Horti, mengatakan bahwa dengan cahaya yang cukup dan penyiraman sesekali, mereka dapat tumbuh subur di rumah bahkan selama bertahun-tahun.
 

2. Peperomia


Debbie Neese, pakar hortikultura di Lively Root, menganggap peperomia sebagai salah satu jenis tanaman yang paling mudah dirawat. Ada lebih dari 1.000 spesies dari tanaman ini.

Masing-masing dengan bentuk dan warna daunnya yang berbeda dan tahan dengan kekeringan, sekalipun mereka dibiarkan begitu saja. Kamu bisa memilih Peperomia obtusifolia standar atau pilih varietas Lemon Lime, dengan pola daun kuning dan hijau yang mencolok.
 

3. Asparagus hias


Asparagus hias dikenal juga dengan asparagus fern, meskipun demikian tanaman ini bukanlah pakis sejati (karena mereka tidak berkembang biak melalui spora).

Asparagus hias biasanya lebih mudah dirawat daripada varietas pakis serupa lainnya, ini karena akar umbinya yang menyimpan air saat dibutuhkan. Ini bisa menjadi tanaman yang cocok jika kamu sering lupa untuk menyiram tanaman.
 

4. Pohon dolar


Tanaman tropis ini sangat populer, karena dianggap sebagai salah satu tanaman yang paling mudah dirawat karena kebutuhan air dan sinar matahari yang rendah. Joyce Mast dari Bloomscape, mengatakan bahwa kamu dapat membiarkannya selama 3-4 minggu tanpa penyiraman atau bahkan 4-6 minggu.
 

5. Sri rezeki


Untuk tanaman yang begitu mencolok, Paris Lalicata, koordinator pendidikan tanaman di The Sill, mengatakan bahwa tanaman sri rezeki sangat rendah pemeliharaannya. Selain itu, tanaman ini juga tahan terhadap sinar matahari yang rendah ataupun penyiraman yang tidak teratur. Tanaman ini juga memiliki berbagai macam warna daun, mulai dari hijau sampai pink tua.
(FIR)

MOST SEARCH