GADGET TIPS

Begini Cara Foto Portrait yang Keren untuk Profile Picture!

K. Yudha Wirakusuma
Sabtu 30 April 2022 / 21:12
Jakarta: Banyak yang beranggapan, penggunaan kamera HP membuat foto portrait adalah hal yang rumit. Bahkan, ada yang mengatakan membuat foto portrait membutuhkan kamera profesional dan banyak tenaga di studio foto.

Foto portrait yang bagus berguna untuk profile picture media sosial atau contact person kamu. Bisa untuk profile picture media sosial atau dating apps, email atau LinkedIn supaya lebih profesional dan masih banyak lagi.

Berikut ini beberapa tips yang bisa kamu coba untuk menghasilkan foto portrait yang bagus dengan kamera smartphone.
 

Gunakan Gear yang Tepat


Tak perlu diragukan lagi kamu bisa menghasilkan foto portrait yang bagus dengan kamera smartphone. Persoalannya: apakah kamera handphone kamu cukup untuk menghasilkan foto portrait yang sempurna? 

Untuk urusan smartphone yang merangkap fungsi kamera untuk kebutuhan konten foto dan video, OPPO Reno 7 didesain untuk memenuhi kebutuhan foto! Karena kamera Reno 7 dibekali sensor gambar Sony IMX709 yang menawarkan tingkat kemampuan menangkap cahaya yang lebih tinggi. Dengan lebih banyak cahaya yang masuk juga memungkinkan kamu untuk menghasilkan gambar yang cerah dan jernih bahkan saat di lingkungan yang gelap.

Selain itu fitur Bokeh Flare Portrait juga dapat kamu manfaatkan untuk mengaburkan latar belakang foto dan menghasilkan bokeh yang sempurna layaknya menggunakan kamera DSLR.
 

Temukan Spot yang Nyaman


Jika subjek foto tidak terbiasa dengan situasi berada di studio kamu bisa mengajaknya ke luar ruangan dan temukan tempat senyaman mungkin. Jika memang foto harus dilakukan studio bangun komunikasi agar ia dapat berpose dan berekspresi senatural mungkin. 

Urusan foto di studio atau alam terbuka Huawei P50 Pro bisa kamu andalkan untuk banyak mode fotografi. Optik kamera yang memang dirancang selayaknya kamera profesional adalah hal yang wajib kamu pertimbangkan untuk menjadikan Huawei P50 Pro sebagai smartphone untuk memproduksi konten foto dan video terbaik.

Optik XD yang dikombinasi dengan Huawei XD Fusion Pro juga berfungsi untuk tersemat pada menghasilkan foto dengan tingkat kejernihan yang lebih baik sekaligus membantu mereproduksi detail gambar yang tajam.

Dibekali juga dengan True-Chroma Image Engine pada P50 Pro yang juga berguna untuk penyesuaian gamut warna P3 yang luas yang mencakup 2.000+ warna yang lebih bervariasi.
 

Menaikkan Exposure


Cara ini juga sering dipakai oleh fotografer profesional. Dengan menaikkan exposure kamera, wajah subjek foto akan terlihat lebih cerah. Untuk mengatur exposure secara manual kamu bisa mengubah setting kamera smartphone ke Profesional Mode.

Mau yang lebih praktis? Kamu bisa memaksimalkan fitur Night Portrait yang tersemat pada Vivo V21 untuk memaksimalkan kecerdasan buatan saat menghasilkan foto berkualitas HD. Fitur Super Night Selfie yang tersemat pada Vivo V21 juga berguna untuk mengurangi noise untuk foto saat malam hari namun hasilnya tetap natural.
 

Maksimalkan Pencahayaan Alami


Cahaya matahari adalah make up gratis yang disediakan alam. Saat foto di luar ruangan kamu bisa mengatur angle foto agar tidak terjadi backlight. Manfaatkan cahaya alami dari matahari terbit atau tenggelam karena sensor kamera akan sensitif pada cahaya pada momen-momen tersebut. Tak heran sunrise atau sunset sering disebut sebagai golden hour moment untuk menghasilkan foto yang indah.

Pemanfaatkan cahaya matahari alami bisa kamu gunakan juga saat ingin memotret di dalam ruangan. Posisikan subjek foto disamping jendela sehingga cahaya yang masuk bisa menerpa wajah dari arah samping bukan tegak lurus ke wajah. Teknik pencahayaan tersebut bisa membantu kamu menghasilkan foto yang lebih dramatis.

Semakin tinggi megapiksel dan teknologi sensor kamera smartphone foto dengan cahaya natural akan semakin bagus! Seperti Xiaomi 12 dan 12 Pro yang dilengkapi sistem Triple Camera yakni 50MP Wide Angle, 50MP Telephoto dan 50MP Macro.

Selain megapiksel yang sama di setiap lensa Xiaomi juga menempatkan sensor terbaru yakni Sony IMX707 yang mampu menangkap cahaya hingga 120% lebih banyak dan jauh lebih detail saat memotret malam hari. Aktifkan Night Mode untuk setiap lensa yang ingin kamu gunakan saat malam hari untuk hasil foto lebih cerah, natural dan minim noise walau dalam kondisi minim cahaya.

Seperti halnya teknik foto lainnya mengambil foto portrait membutuhkan banyak latihan. Terutama dalam mengkombinasikan angle foto, komposisi warna sekaligus mencari momen yang tepat. 

Tertarik meminang smartphone dengan kamera terbaik di kelasnya? Kunjungi website www.eraspace.com karena lagi ada promo cashback pembelian smartphone Samsung, Vivo, OPPO, Xiaomi dan juga bonus aksesoris lainnya. Info selengkapnya, cek Instagram Official Account Eraspace @eraspaceid atau @erafonestores. Promo juga berlaku di retail Erafone di seluruh Indonesia.
(YDH)

MOST SEARCH