GADGET TALK

Ballie, Si Bulat yang Bisa Bantu Kamu di Rumah

Raka Lestari
Senin 12 Oktober 2020 / 18:20
Jakarta: Kalau kamu melihat robot bulat yang imut ini pastinya kamu langsung ingat dengan droid pintar si BB-8 di film Star Wars. Ballie namanya.

"Teman Hidup" besutan Samsung ini adalah robot berbentuk bola berwarna kuning yang bisa bergerak di sekitar rumah untuk merespons perintah seperti layaknya anjing peliharaan.

Ballie mengunakan tampilan antarmuka seperti ponsel serta menggunakan teknologi Artificial Intelligence (AI) untuk bisa melakukan aktivasi suara dan kamera internal untuk mengenali dan merespons penggunanya, serta membantu mereka melakukan berbagai tugas rumah tangga.

Ballie juga bisa memberikan respons terhadap perintah yang diberikan melalui suara sama seperti hewan peliharaan, serta dapat juga dijadikan sebagai alarm, fitness assistant, bahkan sampai merekam momen tertentu hingga mengelola smart devices lainnya di rumah seperti TV dan penyedot debu.

Kamu juga tidak perlu khawatir mengenai masalah kebocoran data karena Ballie melakukan semua tugas-tugas tersebut dengan tetap mematuhi standar privasi dan perlindungan data yang ketat. 


(Ballie dalam laman Theverge kira-kira dibanderol dengan harga USD400 atau sekitar Rp5.893.980. Foto: Dok. Dezeen.com)

“Kami percaya bahwa AI merupakan cara perawatan diri yang sangat personal di masa depan,” kata Sebastian Seung, wakil presiden eksekutif dan kepala ilmuwan penelitian di Samsung Electronics.

"Kami melihat AI di perangkat sebagai pusat dari pengalaman yang benar-benar dipersonalisasi," lanjutnya. "AI pada perangkat memberi kamu kendali atas informasi dan melindungi privasi kamu, sambil tetap memberikan kekuatan personalisasi."

Ballie adalah jawaban dari permintaan atas inovasi yang lebih berpusat pada manusia, yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan konsumen dengan memenuhi kebutuhan individu mereka. 

“Pada era modern ini, kami perlu memikirkan kembali produk kami agar bisa mengakomodasi gaya hidup manusia yang sudah lebih beragam dan berkembang,” ujar Hyunsuk Kim, CEO Samsung.

“Apa yang membuat Samsung unik adalah kenyataan bahwa kami memiliki filosofi yang sangat jelas yang dibangun di sekitar inovasi yang berpusat pada manusia," tambahnya. "Kami membangun dan menciptakan untuk memecahkan masalah dan meningkatkan kehidupan masyarakat,” tutup Hyunsuk.


(TIN)

MOST SEARCH