GADGET TALK

Tak Hanya Pintar, Smartwatch Ini Ajak Kamu Pantau Tekanan Darah secara Rutin

A. Firdaus
Rabu 31 Agustus 2022 / 16:15
Jakarta: Hipertensi merupakan salah satu penyakit tidak menular yang tidak disadari oleh sebagian besar penderitanya. Oleh karena itu penyakit ini dikenal sebagai 'the silent killer'.

Hipertensi juga dikenal sebagai kontributor utama untuk penyakit jantung, gagal ginjal, dan stroke di Indonesia. Pada 2018, Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas 2018) menungkap kenaikan prevalensi hipertensi di Indonesia sebesar 8,3% dibandingkan dengan tahun 2013. Dari data ini, diperkirakan hanya 1/3 kasus yang terdiagnosis di Indonesia.

Memantau tekanan darah secara rutin merupakan salah satu langkah preventif yang dapat kamu lakukan. Menurut dr. Vito Damay, Sp.JP(K), M.Kes, AIFO-K, FIHA, FICA, FAsCC, Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah, memantau tekanan darah secara rutin merupakan langkah pencegahan yang dapat dilakukan.

"Penting dilakukan pada yang muda juga apalagi pada orang yang sudah memiliki riwayat tekanan darah tinggi sebagai evaluasi dan monitor pola hidup sehat yang dilakukan atau evaluasi pengobatan.” ungkapnya.

Pengukuran tekanan darah kadang terlupakan, karena makin dinamisnya mobilitas orang-orang pada masa kini. Salah satu solusinya, kamu bisa menggunakan smartwatch keluaran Watch D dari Huawei.

Huawei Watch D merupakan smartwatch dengan alat pengukuran tekanan darah yang diklaim akurat, pengukuran EKG (kesehatan ritme jantung), dan memonitor Sp02 serta detak jantung setiap saat.

Perangkat terbaru dari Huawei berbanderol Rp5.499.000,- ini hadir sebagai jam tangan pintar pertama di dunia yang disematkan alat pompa mini untuk pengukuran tekanan darah dengan nyaman dimanapun dan kapanpun dengan fungsi sama dengan alat tensi medis pada umumnya.

"Menghadirkan inovasi produk yang bermanfaat untuk masyarakat Indonesia merupakan salah satu dari fokus utama Huawei Device Indonesia. Kami melihat pentingnya pemantauan kesehatan secara rutin untuk mencegah bahaya berkelanjutan dari hipertensi," kata Patrick Ru, Country Head Huawei Device Indonesia.

"Kehadiran inovasi pengukuran tekanan darah yang akurat melalui produk wearables yang cerdas ini dapat memberikan manfaat yang luar biasa dalam kehidupan pengguna. Tidak hanya itu, fitur kesehatan lain yang tersedia dalam jam pintar ini juga mendukung pengguna untuk bisa menerapkan gaya hidup sehat untuk kehidupan yang lebih berkualitas," sambungnya.

Peluncuran smartwatch dengan kemampuan mendeteksi tekanan darah akurat ini, juga mendapatkan apresiasi dari Chief Digital Transformation Office (DTO) Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Setiaji.

"Hipertensi menjadi salah satu penyakit yang banyak diderita oleh sebagian besar masyarakat Indonesia, Kementerian Kesehatan RI melalui kampanye CERAMAH (Cek Tekanan Darah di Rumah) #KetahuiTekananDarahmu, menganjurkan masyarakat untuk secara rutin memantau tingkat tekanan darah," kata Satiaji.

"Sesuai dengan kampanye tersebut, kami mendukung hadirnya Huawei Watch D yang dilengkapi dengan teknologi pengukuran tekanan darah, sebagai salah satu pemanfaatan teknologi digital untuk kesehatan masyarakat. Di mana data kesehatan dari pengguna dapat menjadi dukungan bagi kami dalam mengembangkan platform Indonesia Health Service," pungkasnya.
(FIR)

MOST SEARCH