FITNESS & HEALTH

Agar Aman dan Nyaman, Sebaiknya Lakukan Vaksinasi Sebelum Mudik

Raka Lestari
Kamis 21 April 2022 / 13:18
Jakarta: Bagi masyarakat yang ingin melakukan mudik, salah satu persyaratan yang perlu dilakukan adalah dengan melakukan vaksinasi. Bagi masyarakat yang sudah melakukan vaksinasi dosis lengkap, diharapkan juga bisa melakukan booster.

Hal ini dilakukan untuk mencegah penularan covid-19. Mengingat pada saat mudik lebaran nanti, mobilitas masyarakat akan meningkat, sehingga risiko penularan juga akan semakin meningkat.  

“Terkait vaksinasi covid-19 sebagai syarat perjalanan dalam mudik, khususnya pada Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri mendatang tentunya kita melakukan beberapa penyesuaian,” jelas Juru Bicara Vaksinasi Kemenkes, dr. Siti Nadia Tarmizi, M.Epid, dalam Konferensi Pers Update Perkembangan Covid-19 di Indonesia.

Menurut dr. Nadia, bagi anak-anak usia 6-17 tahun yang sudah vaksinasi covid-19 lengkap sebanyak 2 dosis, tidak perlu melakukan tes PCR ataupun tes antigen kembali. Penyesuaian kebijakan ini menambah kebijakan sebelumnya yang membebaskan syarat tes PCR atau antigen bagi pelaku perjalanan dewasa di atas usia 18 tahun yang sudah divaksinasi booster.

“Bagi pelaku perjalanan dewasa usia 18 tahun ke atas yang baru divaksin 2 kali atau dosis lengkap wajib menyertakan antigen 1x24 jam atau PCR 3x24 jam. Sementara yang baru mendapatkan vaksin 1 kali dan belum divaksinasi wajib menggunakan tes PCR 3x24 jam sebelum melakukan perjalanan,” tutur dr. Nadia.

Lebih lanjut, dr. Nadia juga mengimbau agar pelaksanaan vaksinasi sebaiknya tidak bersamaan dengan mudik. Untuk itu lakukan vaksinasi sebelum mudik, sehingga mudik yang nyaman bisa dirasakan.

"Mengingat kita tahu bahwa pada saat mudik kita mendapatkan vaksinasi, mungkin masih ada keluhan atau efek samping. Dan tentunya kurang nyaman kalau kita lakukan selama mudik,” ungkap dr. Nadia.

“Kami mengimbau, terutama untuk para pengelola transportasi dan juga kita yang akan mudik dengan membawa kendaraan pribadi untuk memastikan para pengemudi sudah mendapatkan vaksinasi booster sesuai dengan jadwalnya,” tutup dr. Nadia.
(FIR)

MOST SEARCH