FITNESS & HEALTH

4 Cara Atur Jam Tidur Saat Berpuasa

Sri Yanti Nainggolan
Senin 04 April 2022 / 04:00
Jakarta: Beberapa orang mengalami perubahan pola tidur saat berpuasa. Jika dibiarkan berantakan, hal ini dapat menurunkan daya tahan tubuh. 

Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI), Dr. dr. (Cand) Inggrid Tania, M.Si, menyebutkan ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatur pola tidur saat berpuasa. 

Apa saja itu?

1. Tidur lebih cepat

Selama Ramadan, Anda harus bangun lebih awal dari biasanya. Maka itu, cobalah juga harus memajukan waktu tidur. Jika Anda terbiasa tidur pukul 22.00, cobalah untuk mulai tidur satu jam lebih awal saat masa puasa. 

Baca: Bahaya Minum Kopi saat Berbuka, Ini Waktu yang Tepat Ngopi di Bulan Ramadan
 

2. Mencoba power nap

Power nap adalah tidur selama 20 menit di sela kegiatan untuk mengembalikan stamina. Metode ini cocok digunakan ketika berpuasa. Power nap sebaiknya tidak lebih dari 20 menit karena tidur berisiko lebih nyenyak, yang justru menimbulkan rasa lelah.
 

3. Perhatikan lingkungan tidur

Untuk memastikan kualitas tidur, pastikan kamar dalam kondisi tenang dan minim cahaya. Bila perlu, gunakan earplug atau penutup mata untuk memudahkan tubuh istirahat agar pola tidur tidak berantakan saat berpuasa. 


Lingkungan tidur mempengaruhi pola tidur saat berpuasa. Foto: Shutterstock
 

4. Perhatikan pola makan

Hindari makanan yang kaya kalori, gula, terlalu pedas, atau digoreng dengan minyak yang terlalu banyak saat buka puasa. Sistem percernaan perlu usaha ekstra untuk mengolah asupan tersebut yang berisiko mengganggu waktu tidur.
(SYN)

MOST SEARCH