FITNESS & HEALTH

3 Bahan Alami untuk Meredakan Heartburn

Yuni Yuli Yanti
Senin 16 November 2020 / 07:35
Jakarta: Percaya atau tidak, heartburn tidak ada hubungannya dengan penyakit jantung. Rasa nyeri panas yang membakar di dada ini sebenarnya merupakan gejala naiknya asam lambung ke bagian kerongkongan (esofagus). 

Perlu diingat, asam lambung kronis dapat disebabkan oleh penyakit gastroesophageal reflux, yang selanjutnya dapat dipicu oleh obesitas, merokok, dan gaya hidup. Sehingga, heartburn dapat memengaruhi aktivitas sehari-hari dan pada beberapa kasus dapat terkait dengan kondisi kesehatan lainnya.

Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi heartburn, yakni: 

- Mengonsumsi makanan yang seimbang

- Lakukan olahraga yang tepat

- Makan dengan ukuran porsi yang benar

- Hindari rokok (aktif maupun pasif)

- Duduk tegak saat makan


(Rasa nyeri panas yang membakar di dada ini sebenarnya merupakan gejala naiknya asam lambung ke bagian kerongkongan. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

Namun, jika kamu sering mengalami heartburn tapi tidak memiliki kondisi yang mendasarinya, kamu perlu memantau jenis makanan yang dikonsumsi selama ini. Beberapa contoh makanan yang memicu asam lambung adalah kafein, makanan pedas, dan makanan asam.

Meredakan heartburn secara alami

Melansir More Than Glam, ada beberapa bahan alami yang dipercaya dapat meredakan gejala hertburn, diantaranya:

1. Jahe

Tumbuhan ini dianggap sebagai obat alami yang ampuh untuk sakit maag karena sifat anti-peradangannya. Peradangan di kerongkongan merupakan efek asam lambung yang paling terasa, sehingga sifat anti-inflamasi jahe dapat memberikan sedikit kelegaan. Meskipun, belum ada bukti ilmiah yang kuat untuk mendukung gagasan ini, jahe juga dapat membantu mengurangi kemungkinan frekuensi kontraksi esofagus, sehingga memperkecil kemungkinan asam akan mengalir dari perut kembali ke kerongkongan.

Cara menggunakannya, cukup kupas kulit jahe seukuran koin, dan parut atau potong halus. Lalu, letakkan dalam gelas. Tuang air mendidih dalam gelas berisi jahe dan biarkan jahe terendam selama 3-5 menit sebelum diminum. Kamu juga bisa memasukkan jahe ke dalam menu makanan seperti dalam tumisan, sayur, dan lain sebagainya.

(Moster atau mustard adalah salah satu rempah-rempah yang berasal dari biji tanaman sesawi yang dihaluskan. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

2. Soda kue 

Soda kue dapat membantu mengatasi heartburn pada akar penyebabnya yakni asam lambung. Sebagai zat alkali, ini dapat membantu menetralkan keasaman asam lambung, meredakan refluks asam dan dengan demikian menyembuhkan rasa nyeri. Untuk meredakan heartburn, kamu cukup mengonsumsi satu sendok teh soda kue, lalu minum air putih. 

3. Mustrad

Kedengarannya memang aneh, tetapi mustard adalah obat rumahan lain yang sering digunakan untuk mengobati Heartburn. Moster atau mustard adalah salah satu rempah-rempah yang berasal dari biji tanaman sesawi yang dihaluskan, sebelum diencerkan dengan air dan ditambah bahan-bahan lain. Seperti soda kue, mustard dianggap dapat menetralkan asam lambung, dan mencegahnya menyebabkan rasa sakit yang membakar di kerongkongan. 

(yyy)

MOST SEARCH