FITNESS & HEALTH

Apakah Susu Bantu Pemulihan Cedera Akibat Olahraga?

Raka Lestari
Rabu 04 Agustus 2021 / 21:39
Jakarta: Cedera sehabis olahraga merupakan hal yang biasa terjadi. Tidak hanya pada atlet profesional, siapapun bisa mengalami cedera. Itulah mengapa pemanasan penting untuk dilakukan sebelum melakukan suatu olahraga atau latihan. 

Biasanya orang-orang akan mengonsumsi susu untuk mengatasi cedera yang dialami. Apakah memang susu bisa memulihkan cedera?

“Terus terang kalau dari penelitiannya, saya pribadi belum menemukan penelitian yang secara spesifik mengkaji susu untuk pemulihan cedera,” ujar dr. Angelica Anggunadi, SpKO - Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga, dalam Press Launch Anlene Actifit 3X & Anlene Gold 5X, pada Rabu, 3 Agustus 2021.

Ia menambahkan, “Tapi kalau kita lihat karakteristik dari sebuah susu, apapun itu secara umum susu adalah minuman yang memang kalorinya cukup besar. Kemudian mengandung tinggi kalsium dan juga protein. Minimal itu, apapun jenis susunya,” kata dr. Angel.

“Terkait dengan pemulihan cedera, maka kandungan kalori, kemudian protein, itu merupakan dua hal yang sangat penting untuk membantu pemulihan cedera. Karena dalam pemulihan cedera apapun jenisnnya maka tubuh secara umum butuh energi yang lebih besar,” jelas dr. Angel.


susu
(Dr. Angelica Anggunadi, SpKO mengatakan asupan yang mengandung kalori dan protein merupakan dua hal yang sangat penting untuk membantu pemulihan cedera. Foto: Ilustrasi/Pexels.com)


Menurutnya, ketika cedera ada ‘kerusakan’ pada tubuh dan tubuh membutuhkan energi yang lebih besar. 

“Tubuh membutuhkan energi yang lebih besar, minimal 20 persen lebih besar daripada yang biasa dikonsumsi. Juga protein karena kaitannya dengan pemulihan, khususnya cedera yang terjadi pada otot ataupun pada sendi itu butuh asupan protein karena otot itu utamanya terdiri dari protein,” kata dr. Angel.

“Maka tubuh konsumsi proteinnya juga lebih besar. Belum lagi, beberapa jenis susu kadang ditambah juga ada kandungan omega-3 misalnya. Atau zat-zat gizi lainnya yang sangat berguna untuk menjadi antioksidan. Itu sangat diperlukan juga dalam pemulihan cedera,” tutur dr. Angel.

Jadi, menurut dr. Angel pada prinsipnya bisa disimpulkan bahwa susu sangat baik untuk bisa membantu pemulihan cedera.

“Walaupun memang ada penekanan, dalam pemulihan cedera itu dengan asupan energi yang lebih besar jangan sampai dia tambah berat badan, tambah lemak. Makanya makin ideal lagi kalau dipilih susu-susu yang kandungan lemaknya rendah atau tidak terlalu banyak tambahan gula lainnya,” pungkas dr. Angel.
(TIN)

MOST SEARCH