FITNESS & HEALTH

Manfaat Mengombinasikan Bawang Putih dan Jahe

Kumara Anggita
Jumat 21 Mei 2021 / 06:06
Jakarta: Bawang putih dan jahe adalah dua makanan yang memiliki rasa yang kuat. Ini banyak digunakan sebagai bumbu penyedap makanan.

Namun ternyata, selain rasanya yang luar biasa, kombinasi bawang putih dan jahe juga begitu bermanfaat untuk kesehatan. Berikut beberapa hal yang perlu kamu ketahui yang dikutip dari Healthline.
 

1. Memberikan manfaat anti-inflamasi


Salah satu manfaat jahe dan bawang putih yang paling terkenal adalah kemampuannya untuk mengurangi peradangan. Bawang putih dan jahe mengandung senyawa tanaman anti-inflamasi yang kuat yang dapat membantu menghambat protein proinflamasi yang terkait dengan peradangan kronis.
 

2. Dapat bermanfaat bagi kesehatan kognitif


Mengonsumsi bawang putih dan jahe secara teratur atau mengonsumsi suplemen bawang putih dan jahe dapat membantu melindungi otak dan meningkatkan kognisi.

Beberapa studi populasi menunjukkan bahwa mengonsumsi bawang putih sangat membantu untuk melindungi dari kerusakan kognitif pada populasi tertentu. Sebuah studi populasi tahun 2019 yang melibatkan 27.437 lansia Tiongkok juga  menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi bawang putih lebih sering cenderung mengalami gangguan kognitif.
 

3. Bermanfaat bagi penderita diabetes


Bawang putih dan jahe dapat membantu menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan penanda kesehatan lainnya pada penderita diabetes, terutama jika kamu mengonsumsinya dalam bentuk suplemen.

Sebuah studi tahun 2020 pada 103 orang dengan diabetes tipe 2 memberi peserta 1,2 gram suplemen jahe setiap hari selama 90 hari. Mereka yang meminumnya mengalami penurunan gula darah dan kadar kolesterol total yang lebih besar daripada mereka yang menggunakan plasebo.

Sebuah tinjauan tahun 2018 yang mencakup 10 studi berkualitas tinggi menemukan bahwa mengonsumsi suplemen jahe meningkatkan kolesterol HDL (baik) pelindung jantung dan mengurangi kadar hemoglobin A1c (HbA1c) dalam darah.

Molekul ini merupakan penanda pengendalian gula darah jangka panjang, gula darah puasa, dan kolesterol LDL (jahat). Jadi, ketika berkurang, itu cenderung menandakan kesehatan yang membaik.
 

4. Dapat meningkatkan respons imun yang sehat


Bawang putih dan jahe memiliki sifat anti-inflamasi, antioksidan, antivirus, dan antimikroba yang kuat. Jadi, menambahkannya ke dalam makanan dapat membantu menjaga sistem kekebalan kamu agar tetap sehat.

Bawang putih mengandung senyawa, termasuk allicin dan dialil sulfida yang dapat membantu meningkatkan aktivitas sel kekebalan dan menghambat ekspresi protein inflamasi. Jahe  di sisi lain juga dapat membantu meningkatkan kesehatan kekebalan dengan menghambat sel kamu memproduksi protein yang memicu peradangan.
(YDH)

MOST SEARCH