FITNESS & HEALTH

Panduan Latihan Pursed-lip Breathing untuk Pasien Covid-19

Kumara Anggita
Selasa 20 Juli 2021 / 12:07
Jakarta: Pursed-lip breathing adalah salah satu latihan pernapasan yang bisa membantu mengurangi sesak yang dialami pasien covid-19. Latihan ini mudah dilakukan dan bisa diikuti oleh siapa saja.

Menurut dr. Amien Suharti, Sp.KFR. Dokter Spesialis Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi RSUI, mengatakan pursed-lip breathing bisa diikuti bagi mereka yang mengalami obesitas, memiliki penyakit jantung, memiliki masalah pada paru-paru, ibu hamil, dan ibu setelah melahirkan.

“Biasanya kalau pada pasien dengan gangguan jantung, gemuk itu memang lebih berat gangguan pernapasannya. Kontra indikasi atau larangan tidak ada karena prinsipnya latihan tadi cukup aman untuk pasien dengan jantung dan gemuk,” jelas dr. Amien dalam Live IG RSUI.

“Namun diafragma breathing agak susah pada ibu hamil. Ini disarankan adalah latihan untuk  pursed lip breathing. Ini bisa dilakukan setiap orang,” paparnya.

Dikutip dari Hello Sehat, ini langkah latihan pernapasan pursed-lip breathing:

1. Lemaskan otot leher dan bahumu.

2. Tarik napas selama 2 detik melalui hidung kamu dengan kondisi mulut tertutup.

3. Embuskan napas selama 4 detik melalui bibir yang mengerucut. Jika ini terlalu lama, cukup hembuskan napas sekuat yang kamu bisa.

4. Gunakan juga teknik pernapasan dengan mengerucutkan bibir ini saat berolahraga.

5. Jika kamu mengalami sesak napas, cobalah memperlambat laju pernapasan dan fokus untuk mengeluarkan napas melalui mulut, bukan hidung.

Mudah sekali bukan, semoga ini membantumu bernapas lebih nyaman!
(FIR)

MOST SEARCH