End Google Analytics -->
FITNESS & HEALTH

Bokong Nyeri Setelah Makan Pedas, Apakah Itu Pertanda Wasir?

Yatin Suleha
Rabu 28 Desember 2022 / 22:51
Jakarta: Istilah wasir mungkin familier didengar. Namun jika belum pernah mendapatkan diagnosa dari dokter dan belum tahu seperti apa, mungkin juga kita bertanya-tanya. Misalnya seperti bokong yang sering sakit jika duduk lama, apalagi jika sudah makan pedas. Dan saat berdiri misalnya jadi tidak nyaman setelahnya. 

Nah, dinukil dari Alodokter, dr. Tri Permatadewi memaparkan bahwa seseorang yang memang sebelumnya memiliki riwayat wasir, disaat memakan makanan pedas, maka aliran pembuluh darah yang terdapat di anus pun mengalami peningkatan, sehingga pembuluh darah di anus mengalami pembengkakan sehingga menimbulkan rasa nyeri. 

Dr. Tri menjelaskan lagi bahwa wasir atau hemoroid merupakan suatu kondisi di mana pembuluh darah mengalami pelebaran dan pembengkakan. Disaat seseorang memakan makanan yang pedas, maka aliran darah di pembuluh darah pun akan mengalami peningkatan. 


(Minum banyak air putih dapat membantu melunakkan feses sehingga kamu tidak perlu terlalu mengejan. Ini karena kebiasaan mengejan saat buang air besar dapat menyebabkan wasir. Foto: Ilustrasi/Dok. Unsplash.com)
 

Jadi, bagaimana cara mengobati wasir?


Dilansir dari laman yang sama, dr. Tri Permatadewi menguraikan pengobatan pada penderita wasir tergantung dari derajat wasir yang diderita. 

Jika wasir masih berada di tahap awal maka perubahan pola makan dan kebiasaan sehari-hari dapat menjadi pilihan. Pemberian obat minum dan obat oles juga dapat diberikan. 

Ia juga mengatakan jika wasir tidak membaik, bertambah besar atau menimbulkan keluhan maka pilihan terapi berikutnya adalah penanganan terapi tanpa operasi seperti pengikatan hemoroid, injeksi skleroterapi, atau koagulasi dengan menggunakan sinar inframerah. 

Jika belum berhasil juga, maka pilihan terakhir adalah dengan cara operasi. Beberapa hal yang dapat kamu lakukan antara lain:

1. Banyak minum air putih
2. Banyak memakan makanan yang berserat
3. Jangan menunda bila terasa ingin BAB
4. Jangan mengejan terlalu kuat saat BAB
5. Menurunkan berat badan

(TIN)

MOST SEARCH