FITNESS & HEALTH

Ahli Diet: Hindari 5 Makanan dan Minuman Ini Sebelum Tidur

Mia Vale
Senin 09 Mei 2022 / 12:05
Jakarta: Makan camilan sebelum tidur atau tidak makan camilan sebelum tidur? Itu pertanyaannya. Di satu sisi, tidur dengan perut kosong dapat mengaktifkan kortisol, hormon stres. Tapi di sisi lain, makan makanan tertentu terlalu dekat dengan waktu tidur juga bisa mengganggu tidur. 

Untuk beberapa wawasan lebih lanjut tentang makanan ringan mana yang harus dipilih dan mana yang harus dihindari, Julie Stefanski, M.Ed., RDN, ahli diet terdaftar memberi solusinya. Semuanya telah dinukil dari laman Mindbodygreen mengenai makanan dan minuman apa saja yang harus dihindari sebelum tidur.
 

Makanan pedas


Bila kamu penyuka berat makanan pedas, sebaiknya konsumsi makanan ini untuk makan siang atau makan malam lebih awal. Pasalnya makanan pedas bisa mengacaukan pencernaan. Bahkan di tengah malam setelah kamu tidur. 

Makanan pedas juga memiliki kadar capsaicin yang tinggi, fitokimia yang meningkatkan metabolisme dan thermogenesis (pembakaran kalori untuk panas), yang juga dapat mengganggu tidur beberapa orang. 



Hindari 5 Makanan dan Minuman Ini Sebelum Tidur
(Ganti gorengan kamu dengan lemak sehat seperti alpukat saat akan tidur. Foto: Ilustrasi/Pexels.com)
 

Gorengan dan berlemak


Makanan yang digoreng dan berlemak menurut Stefanski dapat mengganggu pencernaan pada malam hari. Kalaupun ingin mengonsumsi makanan berlemak, pilihlah kacang-kacangan, bini-bijian, atau alpukat yang megandung lemak sehat.
 

Alkohol


Banyak penelitian yang mencatat bahwa alkohol bisa mengganggu tidur. Tidak hanya itu, akohol juga membuat sulit bangun keesokan harinya.
 

Makanan asam


Salah satu pendekatan terbaik untuk makan malam adalah mencoba mengurangi produksi asam lambung. Jadi, hindari makanan asam bila terlalu dekat dengan waktu tidur. Ini mencakup segala sesuatu mulai dari gula hingga biji-bijian, produk susu dan daging tertentu, dan makanan yang dipanggang.
 

Minuman berkarbonasi dan berkafein 


Soda dan teh berkafein juga dapat membuat kamu tetap terjaga. Bahkan bila kamu berpikir tidak terpengaruh oleh kafein, tetaplah memiliki waktu malam hari. Minuman berkarbonasi, juga dapat mengganggu pencernaan. 
 

Makanan pendukung tidur 


Pisang, buncis, kacang-kacangan dan biji-bijian, serta cokelat hitam, kaya akan magnesium dan pendukung tidur. Pastikan untuk membuatnya tetap ringan, karena kamu tidak ingin berlebihan dan berakhir terlalu kenyang. 

Jika mengalami masalah tidur, cobalah memotong kelompok makanan dan minuman yang disebutkan di atas dari diet malam kamu. 

(TIN)

MOST SEARCH