FITNESS & HEALTH

Manfaat dari Melatih Tubuh dan Pikiran dengan Brain Gym

Raka Lestari
Kamis 02 Desember 2021 / 13:13
Jakarta: Bagi siswa dan mahasiswa, kegiatan belajar yang berubah menjadi pembelajaran daring tak jarang membuat mereka sulit fokus dalam belajar. Untuk mengatasi hal tersebut, adaptasi terhadap belajar daring perlu dilakukan. Namun, bagaimana caranya?

Salah satu hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan fokus adalah dengan melakukan brain gym. Brain gym adalah latihan otak yang bisa meningkatkan kemampuan akademik dengan meningkatkan daya ingat dan memperbaiki kemampuan komunikasi.

Dikutip dari Riliv, sebuah layanan aplikasi meditasi dan konseling online berikut ini adalah beberapa manfaat dari melakukan brain gym:
 

1. Menyeimbangkan otak kanan dan kiri


Kebanyakan orang hanya terbiasa menggunakan satu bagian otak saja. Ada yang terbiasa menggunakan otak kiri, ada pula yang lebih sering menggunakan otak kanan.

Kalau hanya mengandalkan salah satu bagian otak saja, kita tidak memanfaatkan kinerja otak sebaik mungkin. Sangat disayangkan, padahal menggunakan kedua bagian otak bisa membuat kita lebih fokus dan siap belajar.

Bagaimana cara memaksimalkan kerja otak? Brain gym adalah salah satu solusinya. Secara keseluruhan, aktivitas yang bisa dilakukan di sela-sela kegiatan sehari-hari ini bisa menyeimbangkan tubuh dan pikiran, meningkatkan kemampuan mengingat dan akademik, serta memperbaiki kemampuan komunikasi.
 

2. Memberi 'nutrisi' bagi kesehatan mental


Ternyata, brain gym bukan sekadar aktivitas yang bisa menunjang pembelajaran saja. Jika diterapkan secara rutin, brain gym bisa menjadi latihan yang dapat menyehatkan mental.

Baik kesehatan fisik dan kesehatan mental, keduanya saling menunjang satu sama lain. Sulit menjadi pribadi yang sehat jika mental tidak sehat. Dan brain gym bisa menjadi salah satu 'nutrisi' untuk mendapatkan kesehatan mental.
 

3. Menyehatkan tubuh dan pikiran


Komitmen sangat dibutuhkan dalam menerapkan brain gym. Agar dapat memperoleh manfaat nyata dari brain gym, kegiatan ini harus dilakukan secara rutin. Meski bukan hal yang mudah, menerapkan brain gym bisa dilakukan jika kita memiliki kemauan.

Kemauan tersebut datangnya dari diri sendiri. Setiap manusia bisa memilih mau hidup sehat atau tidak. Dengan memilih mau hidup sehat, akan muncul keinginan dan komitmen untuk melakukan brain gym secara rutin.
(FIR)

MOST SEARCH