FITNESS & HEALTH

Tujuan Latihan Kebugaran Jasmani Bantu Jaga Kondisi Tubuh Tetap Fit

Muhammad Syahrul Ramadhan
Selasa 30 Agustus 2022 / 12:17
Jakarta: Latihan kebugaran jasmani bertujuan untuk menjaga kondisi tubuh tetap fit atau bugar. Kondisi tubuh yang bugar sangat membantu dalam aktivitas sehari-hari.

Kebugaran jasmani sendiri berarti kemampuan seseorang untuk melakukan kerja sehari-hari secara efisien tanpa menimbulkan kelelahan, serta memiliki tenaga untuk menikmati waktu luangnya. Karena itu, dengan rutin rutin latihan kebugaran jasmani,  tubuh tidak akan mudah lelah saat melakukan sebuah aktivitas.

Dikutip dari jurnal guru besar bidang Pendidikan Olahraga Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta Prof. Dr. dr. BM. Wara Kushartanti, M.S., Universitas Negeri Yogyakarta berjudul Kebugaran Jasmani dan Produktivitas Kerja, orang bugar sudah pasti sehat. Sedangkan orang sehat belum tentu bugar.


(Ilustrasi latihan kebugaran dapat membantu aktivitas sehari-hari Foto: Shutterstock)

Tujuan latihan kebugaran jasmani

Seperti dijelaskan di atas latihan kebugaran jasmani ini bertujuan agar tubuh tetap bugar melakukan aktivitas sehari-hari. Berikut tujuan latihan kebugaran jasmani untuk tubuh yang lebih lengkap:

1. Memperkuat jantung

Rutin latihan kebugaran jasmani membuat jantung bertambah besar dan kuat, sehingga daya tampung lebih besar dan denyutan kuat. Selain itu, latihan kebugaran jasmani akan meningkatkan efisiensi kerja jantung.

2. Melancarkan peredaran darah

Berikutnya, manfaat dari latihan kebugaran jasmani adalah menurunkan risiko penyakit jantung. Ini karena olahraga rutin dapat membantu melancarkan peredaran darah dalam tubuh. Dengan begitu, risiko terserang penyakit kardiovaskular, seperti penyakit jantung, tekanan darah tinggi, hingga penyakit stroke dapat berkurang.

3. Menambah kekuatan otot

Kekuatan, kelentukan, dan daya tahan otot akan bertambah. Hal ini disebabkan oleh bertambah besarnya serabut otot dan meningkatnya sistem penyediaan energi di otot.

Perubahan otot ini akan mendukung kelincahan gerak, kecepatan reaksi dan lain-lain,
sehingga dalam banyak hal kecelakaan kerja atau saat melakukan aktivitas dihindari.

4. Kekuatan tulang

Kekuatan dan kepadatan tulang akan meningkat dengan rutin latihan kebugaran jasmani secara rutin. Penambahan aktivitas enzim pada tulang akan meningkatkan kekuatan, kepadatan, dan besarnya tulang, selain mencegah pengeroposan tulang. Permukaan tulang juga akan bertambah kuat dengan adanya tarikan otot yang terus menerus.

5. Meningkatkan daya tahan tubuh

Peningkatan daya tahan tubuh merupakan tujuan utama latihan kebugaran jasmani. Dengan rutin latihan, daya tahan tubuh akan semakin kuat. Metabolisme tubuh juga akan semakin lancar dan sistem imun meningkat.

Latihan kebugaran jasmani mampu mencegah terkena berbagai penyakit, baik penyakit menular atau penyakit ringan seperti flu atau demam. Seseorang yang rajin melakukan latihan kebugaran jasmani juga akan terlihat lebih sehat, segar dan cerah.

6. Meningkatkan energi

Rutin latihan kebugaran jasmani dapat meningkatkan energi tubuh.  Aktivitas berolahraga secara teratur dapat memperbaiki sistem kerja jantung dan paru-paru menjadi lebih baik.

Kondisi ini membuat tubuh memperoleh lebih banyak energi untuk melakukan aktivitas aktivitas sehari-hari. Dengan begitu, tubuh menjadi lebih sehat, bugar, dan jauh dari berbagai macam penyakit.
 

Bentuk latihan kebugaran jasmani

Latihan kebugaran jasmani dapat dilakukan menggunakan tanpa atau dengan peralatan tambahan seperti dumbel atau dumbel. Berikut bentuk latihan kebugaran jasmani:

Push-up

Push-up merupakan latihan yang hanya membutuhkan berat badan tubuh sebagai beban. Manfaat push-up dapat meningkatkan massa otot, meningkatkan kesehatan jantung.


(Push up Foto: shutterstock)

Crunch

Untuk melatih otot perut latihan Crunch lebih disarankan daripada sit up. Ini karena tidak berisiko menimbulkan cedera punggung.

Crunch sangat mirip dengan sit-up, namun bukannya mengangkat seluruh punggung dari lantai. Kamu hanya perlu mengangkat punggung bagian atas. Ini akan mengisolasi (menekan) otot perut tanpa melibatkan otot panggul.

Angkat beban dengan dumbell

Latihan kebugaran jasmani berikutnya bisa dengan mengangkat beban dengan dumbell. Dengan latihan dumbbell ini bisa melatih otot bisep, trisep, dan otot bahu. Selain, melatih tubuh bagian atas, latihan dumbell juga untuk latihan otot kaki.

Selain yang disebutkan di atas, terdapat banyak bentuk latihan kebugaran jasmani. Bisa dalam bentuk permainan seperti tenis, bulu tangkis, bola voli, bola basket, dll.

Wara Kushartanti menjelaskan apapun bentuk latihannya, pada dasarnya latihan kebugaran jasmani memerlukan tiga gerak dasar yang sering disingkat dengan MOLIS (Move-Lift-Stretch).

a. Move

Move adalah gerak kontinyu-ritmis, menggunakan otot-otot besar tubuh baik anggota gerak atas maupun bawah. Dasar gerak antara lain meliputi jalan, lari, lompat, loncat dan lain sebagainya.

Gerak ini bertujuan untuk meningkatkan daya tahan jantung-paru dan memperbaiki komposisi tubuh dalam arti mengurangi lemak tubuh. Bahan bakar utama dari gerak ini adalah lemak.

b. Lift

Lift adalah gerak melawan beban, baik beban berat badan sendiri (bodyweight) maupun beban luar seperti misalnya dumbell, atau partner. Tipe gerak ini bertujuan untuk melatih otot baik kekuatan, daya tahan, pembentukan, maupun pengencangannya.

c. Stretch

Stretch adalah gerak meregang sendi dan mengulur otot, dapat dikerjakan secara statis maupun dinamis. Tipe gerak ini bertujuan untuk melatih kelentukan sendi dan kelenturan otot, sehingga dihasilkan mobilitas gerak yang tinggi.

Dengan dasar gerak tersebut semua komponen kebugaran akan terlatih, sehingga status kebugaran akan meningkat.
 
Baca: 5 Rekomendasi Olahraga Indoor saat Polusi Udara Tinggi

(RUL)

MOST SEARCH