FITNESS & HEALTH

Apakah Beres-beres Rumah termasuk Olahraga?

Raka Lestari
Sabtu 23 April 2022 / 14:10
Jakarta: Beres-beres rumah merupakan salah satu aktivitas fisik yang terkadang cukup melelahkan. Sama seperti olahraga, beres-beres rumah juga terkadang membuat tubuh berkeringat. Lalu, apakah berarti beres-beres rumah bisa juga dianggap sebagai berolahraga?

Untuk menjawab hal tersebut, para ahli memiliki beberapa pendapat. Banyak orang berpikir bahwa melakukan pekerjaan rumah tangga berarti mereka tidak perlu melakukan olahraga tambahan. Mereka akan berpikir bahwa sudah aktif bergerak sehingga tidak perlu berolahraga lagi.

"Tetapi kemungkinan besar, itu tidak cukup,” jelas Melina Jampolis, M.D., seorang dokter diet dan nutrisi yang berbasis di Los Angeles dan penulis The Calendar Diet.

Hal lain yang mungkin tidak disadari ketika sedang melakukan kegiatan membersihkan rumah adalah makanan. Kara Melina, saat kamu melakukan pekerjaan rumah, biasanya orang-orang sering berakhir dengan ngemil lebih banyak, karena kamu berada di rumah dan sangat mudah mengakses makanan.

“Jadi, meskipun melakukan pekerjaan rumah tangga memang membakar kalori, seringkali itu tidak menggantikan kalori ekstra, yang justru kamu konsumsi melakukan kebiasaan ngemil ketika melakukan beres-beres rumah,” ujar Melina.

Melina menyarankan ketika kamu sedang berada di rumah, jangan mengisi dapur atau kulkas dengan berbagai makanan yang tidak sehat. Godaan untuk ngemil ketika sedang beres-beres rumah bisa sangat beragam.

"Dan ketika kamu tidak memiliki banyak pilihan, kamu tidak akan tergoda untuk ngemil terutama ngemil makanan yang tidak sehat,” tuturnya.

Dan yang terpenting adalah untuk selalu membuat target berolahraga selama 30 menit sebanyak 3-5 kali per minggunya. Ini karena sekalipun kamu sudah membersihkan hampir seluruh bagian di rumah, jumlah tersebut tetap tidak akan sama dibandingkan jika kamu berolahraga di gym.
(FIR)

MOST SEARCH