FITNESS & HEALTH

Cara Terbaik dan Aman Mengonsumsi Habbatussauda

A. Firdaus
Selasa 02 Agustus 2022 / 18:24
Jakarta: Habbatussauda atau lebih dikenal dengan jinten hitam punya keberagaman manfaat kesehatan. Mulai dari Obat beragam penyakit dan meningkatkan produksi Air Susu Ibu, hingga kesehatan kulit.

Kendati memiliki banyak manfaat, kamu perlu tahu bagaimana cara terbaik dan mengonsumsi habbatussauda. Seperti penjelasan yang dikatakan Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI), Dr. (Cand.) dr. Inggrid Tania, M.Si (Herbal.

Menurut Dr. Inggrid, penggunaan bahan herbal untuk membantu menjaga kesehatan tubuh relatif lebih aman. Namun, tentunya penggunaan herbal ini harus juga dengan takaran yang dianjurkan dan tidak berlebihan.

Hal yang sama pun berlaku untuk penggunaan habbatussauda. Meskipun herbal biji jintan hitam ini memiliki banyak manfaat terhadap tubuh, harus tetap diperhatikan takaran dan cara mengonsumsinya.

"Akan lebih aman jika dikonsumsi dalam dosis yang sudah terukur, misalnya dalam bentuk sediaan suplemen," ucap Dr. Inggrid.

Habbatussauda atau jinten hitam ini juga bisa disimpan di rumah sebagai bahan herbal untuk menjaga kesehatan. Namun kamu perlu diperhatikan juga cara mengolah dan menyimpannya.

Biasanya habbatussauda atau jinten hitam ini banyak diolah untuk dijadikan bumbu masakan. Biji habbatussauda dapat dipanggang terlebih dahulu kemudian ditumbuk dan dicampurkan untuk bahan masakan.

"Biji habbatussauda yang sudah dipanggang dan ditumbuk bisa disimpan dalam toples kedap udara agar tidak lembab dan berjamur," pungkas Dr. Inggrid.
(FIR)

MOST SEARCH