FITNESS & HEALTH

Apakah Air Purifier dengan HEPA Filter Bisa Kurangi Risiko Penularan Covid-19?

Raka Lestari
Rabu 07 Juli 2021 / 18:52
Jakarta: Air purifier atau pembersih udara memiliki banyak manfaat. Salah satu manfaat dari penggunaan air purifier adalah menangkap udara kotor, lalu mengeluarkan udara yang bersih untuk dihirup.

Tidak hanya itu saja, ternyata penggunaan air purifier juga disebut-sebut bisa mengurangi transmisi covid-19.

Dilansir dari WebMD, menurut Joseph Allen, DSc, asisten profesor ilmu penilaian paparan sekaligus direktur Healthy Buildings Program di Universitas Harvard menyebutkan bahwa air purifier bisa mengurangi transmisi covid-19

“Air purifier yang memiliki HEPA filter benar-benar dapat membantu mengurangi risiko penularan covid-19 melalui udara,” ujarnya.

Dengan harga yang tidak murah, kamu bisa mendapatkan air purifier yang berkualitas. Air purifier berkualitas tinggi bahkana bisa menghilangkan 99,97 persen kontaminan di udara, termasuk droplet yang bisa menyebarkan covid-19.


hepa
(Air purifier akan benar-benar meningkatkan pembersihan udara di ruangan yang tidak cukup dapat udara segar. Foto: Ilustrasi/Freepik.com)


Akan tetapi, sebelum membelinya ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui terlebih dahulu:

- Tidak semua pembersih udara bekerja dengan baik
- Ukuran ruangan penting, dalam hal efisiensi pembersihan udara
- Menggunakan air purifier saja, meskipun yang berkualitas tinggi bukanlah menjadi satu-satunya cara untuk mengatasi penyebaran covid-19

“Air purifier bisa digunakan sebagai bagian dari strategi tambahan dalam memerangi covid-19,” catat Allen. “Itu harus dikombinasikan dengan strategi lain dan pendekatan pengurangan risiko holistik.”

Shelly Miller, PhD, seorang insinyur lingkungan di University of Colorado-Boulder, setuju bahwa pembersih penggunaan air purifier sangat baik dalam menghilangkan partikel virus dari udara dalam ruangan. 

Tetapi sebelum memutuskan untuk membelinya, dia menyarankan untuk mencari tahu terlebih dahulu apakah kamu benar-benar membutuhkannya.

“Hal yang paling penting untuk dipertimbangkan ketika membeli air purifier adalah apakah ruangan yang kamu ingin gunakan sudah memiliki ventilasi yang baik. Jika sudah memiliki ventilasi yang baik, maka air purifier tidak akan terlalu membantu,” kata Miller.

"Tetapi untuk ruangan yang tidak mendapatkan cukup udara segar, seperti ruang bawah tanah atau kamar tidur, air purifier akan benar-benar meningkatkan pembersihan udara," pungkas Miller.
(TIN)

MOST SEARCH