FITNESS & HEALTH

Sering Ngompol Gegara Menopause, Ini Terapi 5 Langkah untuk Mengatasinya

Medcom
Selasa 20 September 2022 / 16:12
Jakarta: Sepanjang hidupnya, wanita terlahir dengan kodrat hamil dan melahirkan. Tentu kedua hal tersebut bergantung dengan organ yang dimilikinya, yaitu sel telur.

Wanita memiliki 1-2 juta sel telur yang dapat berkurang seiring bertambahnya usia. Saat wanita mengalami pubertas, jumlah sel telur tinggal 300.000 dan jika wanita menopause sudah tak ada lagi sel telur yang tersisa.

Namun biasanya wanita yang mengalami menopause merasakan kurangnya rasa percaya diri yang diakibatkan dari tidak bisanya menahan buang air kecil. Seorang ahli panggul dan menopause, Jane Wake, mengungkapkan, peningkatan kebocoran kandung kemih terjadi karena kadar estrogen wanita berkurang selama menopause.

Masalah ini dapat memengaruhi sebanyak satu dari dua wanita menopause, tetapi banyak yang mungkin terlalu gugup untuk membuka diri untuk mengalaminya. Jane juga telah bekerjasama dengan Always Discreet untuk membuat latihan yang disebut "The Lift”.

Latihan ini melatih dasar panggul untuk membantu mencegah atau mengurangi kemungkinan kebocoran kandung kemih (mengompol):
 

1. Lakukan gerakan meremas otot sekitar anus


Gerakan ini bisa memperkuat otot yang berada di sekitaran anus untuk menahan kebocoran kandung kemih dari bagian belakang.
 

2. Duduk dan berdiri tegak


Lakukan gerakan ini secara berulang, namun hindari melenturkan tulang belakang atau menyisipkan tulang ekormu.
 

3. Remas otot belakang hingga ke dalam


Setelah melakukan gerakan yang pertama, selanjutnya kamu bisa memfokuskan diri untuk meremasnya lebih dalam lagi. Setelah melakukan kontraksi otot sfingter remas bagian belakang dan kedepan menuju tulang kemaluan.
 

4. Atur napas


Selanjutnya adalah belajar mengatur napas dengan baik. Kamu bisa menarik napasmu dan tahan sekitar 5 detik, lalu buang.
 

5. Rileks


Gerakan terakhir adalah cukup membuat dirimu santai sambil mengatur napasmu secara perlahan.

Kamu bisa melakukan semua latihan ini kapanpun dan di manapun. Idealnya, wanita dianjurkan untuk melakukan 10 repetisi, 10 kali sehari. Selamat mencoba!

Nandhita Nur Fadjriah
 
(FIR)

MOST SEARCH