FITNESS & HEALTH

Apa saja yang Harus Dibawa jika Terjadi Bencana?

Mia Vale
Jumat 03 Desember 2021 / 17:15
Jakarta: Kepala Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati mengatakan ada sejumlah potensi bencana yang diprediksi bisa saja terjadi saat momen Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru).

"Kami berikan informasi zona yang rawan tsunami misalnya di Cilegon Banten. Tempat wisata di Selat Sunda ini berpotensi skenario terburuk mengalami tsunami dengan ketinggian hingga 8 meter," jelas Dwikorita saat dalam rapat bersama Komisi V di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (1/12/2021).

Salah satu upaya kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana adalah menyiapkan tas siaga bencana (TSB). TSB merupakan tas tahan air yang disiapkan untuk anggota keluarga guna berjaga-jaga apabila terjadi bencana atau kondisi darurat.

Tujuan menyiapkan TSB adalah agar bisa bertahan hidup saat bantuan belum datang dan membuat proses evakuasi menjadi lebih mudah.

Contoh kebutuhan dasar untuk TSB di antaranya:

- Persediaan untuk makan.

- Penerangan dan alat komunikasi.

- Surat-surat penting yang difotokopi dan dikumpulkan dalam satu map plastik.

- Peralatan kesehatan dan kebersihan.

- Uang, peluit, masker, kantung tidur, kompas.

Satu lagi yang harus diingat, letakkan tas siaga bencana di tempat yang mudah dilihat dan terjangkau. Dan sekali lagi, jangan panik bila terjadi bencana.
(FIR)

MOST SEARCH